Perlu Tahu, Begini Cara Membaca Informasi Nilai Gizi pada Produk Makanan

Tidak boleh sembarangan, begini cara membaca informasi nilai gizi pada produk makanan. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

Sebelum membeli makanan, beberapa orang biasanya akan membolak-balik kemasan hingga menemukan label kandungan gizi, yang umumnya berada di belakang, sisi kanan atau kiri kemasan. Tujuannya tentu untuk mengetahui berapa nilai gizi dari makanan tersebut. Ini penting, terutama untuk kamu yang mungkin memiliki kondisi medis atau sedang menjalani program diet tertentu.

 

Namun, tak sedikit orang yang masih belum memahami bagaimana membaca informasi nilai gizi yang tercantum pada kemasan makanan. Supaya lebih mudah, fokuskan perhatian pada beberapa poin berikut ini.

  • Jumlah Sajian untuk Setiap Kemasan

Biasanya, ada banyak kemasan dalam satu bungkus produk makanan. Jumlah sajian ini menunjukkan berapa takaran untuk setiap isi yang ada di dalam kemasan. Misalnya, pada satu bungkus makanan tertulis “3 sajian per kemasan”. Artinya, ada 3 sajian di dalam satu bungkus produk tersebut. Biasanya informasi nilai gizi menunjukkan takaran untuk 1 sajian, bukan 1 kemasan.

  • Total Angka Kecukupan Gizi (AKG)

Angka ini menunjukkan rata-rata energi yang dibutuhkan, biasanya tertulis 2000 kalori. Keterangan ini menunjukkan berapa kadar nutrisi pada makanan, bisa dalam satuan miligram, gram, atau persen. Kebutuhan nutrisi dikatakan terpenuhi jika persentase AKG pada kemasan menunjukkan angka 100.

  • Total Kalori untuk Setiap Sajian

Keterangan ini menunjukkan berapa jumlah kalori yang diberikan untuk setiap sajian yang ada di dalam kemasan. Kalori total ini mencakup kalori yang dihasilkan dari lemak dalam makanan tersebut. Jadi, jika kamu mengonsumsi dua sajian dengan kalori total 200 dan kalori dari lemak 50, maka jumlah kalori yang akan masuk ke tubuh adalah 400 kalori total dimana ada 100 kalori yang dihasilkan dari lemak.

 

Nah, demikian tadi tips mudah membaca informasi nilai gizi yang tertera pada produk makanan. Dengan mengetahui bagaimana cara membacanya, kamu pasti bisa menghitung lebih teliti berapa asupan nutrisi dan kalori harian yang kamu butuhkan. Tak hanya membaca informasi nilai gizi, kamu juga bisa dapat belajar tentang Gizi Seimbang dengan mengakses Primaindisoft.com. Selamat mencoba!

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?