5 Kecanggihan MRT Jakarta, Transportasi Berkualitas Internasional

Bulan Maret 2019 lalu, kurang lebih selama tiga minggu MRT Jakarta telah dibuka untuk umum dan bisa dicoba secara gratis . Apakah kamu salah satu yang sudah mencobanya?

Kepanjangan dari MRT adalah Mass Rapid Transit atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan Moda Raya Terpadu. MRT ini merupakan kereta super cepat yang digerakkan oleh listrik serta berjalan melalui jalur khusus yang sesuai dengan rutenya. Jalur MRT tidak bisa diakses oleh para pejalan kaki atau pun kendaraan jenis lain.

Transportasi canggih yang satu ini telah menambah daftar pilihan kendaraan umum yang bisa digunakan oleh masyarakat Jakarta untuk bepergian. Tidak hanya itu, MRT memiliki beberapa kecanggihan lainnya. Apa saja?

 

  1. Membawa 1950 Penumpang dengan Kecepatan 110 KM/Jam

Satu rangkaian kereta MRT bisa membawa 1950 penumpang dalam sekali jalan. Sehingga diperkirakan dalam satu hari, MRT mampu melayani 173.400 orang.

Selain itu, seperti yang kita ketahui, jalur yang dilalui MRT sebelumnya merupakan kawasan macet, yaitu rute Lebak Bulus – Bundaran HI. Di mana jika kita menempuhnya dengan menggunakan kendaraan pribadi di jam sibuk, membutuhkan waktu satu setengah jam lamanya. Namun, dengan MRT, rute ini dapat ditempuh hanya dalam waktu 30 menit saja. Ini karena MRT dapat melaju dengan kecepatan 110 km/jam di jalur khusus tanpa hambatan dari kendaraan lain.

Di jam sibuk, MRT akan datang setiap 5 menit sekali, sedangkan di jam biasa 10 menit sekali.

 

  1. Berjalan Tanpa Masinis

Kecanggihan lainnya adalah MRT bisa berjalan tanpa adanya masinis. Karena sudah menggunakan sistem komputer yang saling terhubung satu dengan yang lainnya, kereta MRT ini dikendalikan dari jauh seperti pesawat tanpa awak atau drone.

Sistem yang mengatur pergerakan MRT disebut dengan Overhead Contact System (OCC), Dengan sistem ini, jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta jadi lebih teratur. Tentunya ini juga memudahkan para penumpang yang ingin menggunakan tarnsportasi yang satu ini.

 

  1. Menggunakan Sistem Persinyalan Tercanggih di Dunia

MRT menggunakan sistem persinyalan tercanggih di dunia yang dinamakan Communications-based Train Control atau disingkat dengan CBTC. Sistem ini dapat mengendalikan lalu lintas dan juga insfrastruktur MRT yang memanfaatkan radio komunikasi antara peralatan Vehicle On Board Controller (VOBC) dan perangkat di luar kereta.

Posisi kereta pun bisa dilacak secara akurat, sehingga lalu lintas MRT bisa dikendalikan lebih efektif, efisien, dan aman.

 

  1. Stasiun Berstandar Internasional

Fasilitas di stasiun MRT Jakarta ini tidak kalah dengan yang ada di luar negeri, megah dan cukup lengkap.

Kalau kamu mengunjungi stasiunnya, kamu akan melihat adanya fasilitas eskalator, elevator, ruang menyusui, ruang pertolongan pertama, platform Screen Door (PSD), Musala, tempat duduk, layanan penumpang (Customer Service), ticket sales office (TOM), public announcement, serta jalur pemandu untuk penyandang disabilitas.

Selain itu, setiap stasiun juga dilengkapi dengan papan pengumuman digital yang menampilkan status kedatangan dan keberangkatan kereta.

 

  1. Sistem Pembelian Tiket Bisa Pakai QR Code

Cara pembayaran tiket MRT ini terdiri dari beberapa macam, sehingga dirasa dapat memudahkan penggunanya. Dimulai dengan kartu jelajah single trip atau sekali jalan dan menggunakan uang elektronik yang dikeluarkan pihak perbankan seperti E-Money (Bank Mandiri), Brizzi (Bank BRI), Tap Cash (Bank BNI), Flazz (Bank BCA), dan JakartaOne (Bank DKI).

Selain itu, nantinya akan tersedia pilihan pembelian tiket menggunakan QR Code lewat aplikasi smartphone.

Di aplikasi MRT pada smartphone itu juga nantinya bisa digunakan untuk mendapatkan informasi jadwal MRT, pilihan transportasi umum apa saja yang bisa digunakan ke tempat tujuan, serta dapat dipakai untuk belanja di ritel-ritel yang ada di setiap stasiun.

Canggih banget, kan? Nah, kalau kamu kebetulan sedang berada lagi di Jakarta, jangan lupa untuk mencoba dan merasakan serunya naik MRT yang canggih ini, ya!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?