5 Trik Mudah Ajak Siswa Terbiasa Makan Makanan Sehat

Anak cenderung susah untuk mengonsumsi makanan sehat. Menjelang Hari Gizi Nasional, 28 Februari nanti, coba ajak anak terbiasa makan sehat dengan cara ini.

 

Di usianya yang masih belia, anak cenderung mejadi picky eater. Jika dibiarkan, penyakit akan rentan menyerang tubuhnya, terlebih jika ia lebih suka mengonsumsi makanan cepat saji atau makanan manis. Padahal, tanggal 28 Februati nanti akan diperingati Hari Gizi Nasional. Namun, jangan khawatir, coba ikuti cara mudah ini untuk ajak anak terbiasa makan makanan sehat, terutama di sekolah.

1. Awali dengan Sarapan

Sarapan selalu menjadi awal terbaik untuk memulai hidup sehat. Ini akan mencegah anak jajan di sekolah, sehingga kesehatannya pun tetap terjaga. Pastikan anak sarapan sebelum ia berangkat ke sekolah. Mudah kok mengetahui apakah anak sarapan atau tidak, yaitu dengan mengamatinya kala belajar. Jika anak mengantuk dan tidak bisa berkonsentrasi, artinya ia tidak sarapan.

2. Membawa Bekal untuk Makan Siang Bersama

Cara mudah selanjutnya adalah dengan meminta anak membawa bekal untuk makan siang. Namun, pastikan makan siang yang dibawa adalah makanan yang kaya nutrisi, setidaknya memenuhi 4 sehat 5 sempurna. Guru bisa memberikan syarat khusus bekal yang harus dibawa siswa, sehingga siswa akan lebih mengenal jenis makanan sehat.

3. Menjadi Teladan yang Baik Setiap Harinya

Tips paling mudah untuk membuat siswa terbiasa makan makanan sehat adalah dengan menjadi contoh nyata untuk mereka. Di rumah, orang tua menjadi teladan anak, sementara di sekolah, guru adalah penggantinya. Jadi, mulailah dari diri sendiri dengan membawa bekal makan sehat dan menunjukkannya pada siswa ketika jam makan tiba.

4. Buat Permainan Menarik

Mungkin, akan lebih sulit jika menyuruh siswa membawa bekal setiap harinya. Nah, ini bisa disiasati dengan membuat permainan atau peraturan baru, misalnya membawa bekal setiap hari-hari tertentu. Menu bekal yang harus dibawa pun ada aturannya, semisal hari Selasa, siswa harus membawa bekal dengan sayur bayam dan tempe atau ayam goreng.

5. Minum Susu Bersama

Biasanya, beberapa sekolah menunjang kesehatan siswa dengan membagikan susu gratis pada siswa setiap waktu tertentu, misalnya satu bulan sekali. Sembari minum susu, guru bisa menjelaskan kandungan nutrisi susu dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Selain itu, jelaskan pula makanan sehat lain yang harus dikonsumsi para siswa.

Selain melakukan kelima hal di atas, Bapak Ibu Guru juga dapat mengajarkan tentang makanan dan kebiasaan hidup sehat dengan konten-konten menarik seperti ini:

 

Belajar tentang makanan dan minuman pun jadi lebih asyik dan menyenangkan dengan konten dari Primaindisoft!

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?