Apa yang Istimewa dari Gerhana Bulan Total di 21 Januari 2019?

Pada tanggal 21 Januari 2019 nanti, orang-orang di beberapa belahan Bumi akan bisa menyaksikan sebuah peristiwa langit yang cukup menakjubkan, yaitu “Super Blood Wolf Moon”. Fenomena seperti apakah itu?

Peristiwa “Super Blood Wolf Moon” atau gerhana bulan darah serigala ini sesungguhnya adalah perpaduan dari beberapa fenomena bulan, yaitu Supermoon atau Bulan super, Blood Moon atau gerhana Bulan total, dan Wolf Moon. Di mana akan terlihat Bulan yang sangat besar dan bercahaya kemerahan.

Supermoon

Supermoon terjadi saat posisi Bulan berada di titik terdekatnya dengan Bumi atau dikenal juga dengan perigee. Karena dekat dengan Bumi, Bulan akan terlihat lebih besar dari biasanya. Inilah kenapa setiap kali peristiwa seperti ini terjadi, disebut dengan Supermoon atau Bulan super.

Blood Moon

Sebutan Blood Moon sering ditujukan untuk peristiwa gerhana Bulan total. Fenomena ini terjadi saat posisi Matahari, Bumi, dan Bulan berada pada satu garis lurus, sehingga menyebabkan cahaya Matahari tidak sampai ke Bulan karena terhalang Bumi.

Kemudian Bulan akan terlihat berwarna merah saat berada di bayangan inti Bumi atau umbra, karena cahaya yang dipancarkannya sangat redup. Jadi, inilah alasan kenapa gerhana Bulan total disebut dengan Blood Moon, yaitu karena Bulan terlihat bercahaya merah seperti darah.

Wolf Moon

Penduduk asli Amerika memberikan sebutan Wolf Moon atau Bulan serigala untuk fenonema Bulan super atau “supermoon” yang terjadi di bulan Januari, ya seperti gerhana bulan yang akan terjadi di tanggal 21 Januari 2019 nanti. Kenapa? Karena biasanya pada bulan Januari, lolongan serigala akan lebih sering terdengar. Itulah kenapa gerhana Bulan kali ini ada unsur Wolf Moon-nya.

Nah, karena ketiga peristiwa di atas terjadi dalam satu waktu, maka disebut dengan fenomena “Super Blood Wolf Moon”. Lalu, apakah kita yang ada di Indonesia bisa menyaksikannya?

Sayang sekali, peristiwa langka ini tidak akan terlihat di sebagian besar Asia. Mereka yang ada di Amerika, Greenland, Eropa, dan Afrika Barat lah yang bisa melihatnya. Sedangkan penduduk di Afrika dan Eropa Timur hanya akan melihat gerhana Bulan sebagian.

Namun, bagi kamu yang ingin menyaksikan peristiwa ini, menurut NASA, tempat terbaik untuk menyaksikan Super Blood Wolf Moon ini adalah di Louisiana, Amerika Serikat. Sebab, di sana gerhananya akan mencapai totalitas, sehingga Bulan akan terlihat benar-benar oranye. Ada yang berminat ke sana?

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?