10 Cara Menyelamatkan Lingkungan di Hari Sejuta Pohon

Tanggal 10 Januari setiap tahunnya seluruh dunia merayakan hari Sejuta Pohon. Momen ini berguna untuk mengingatkan kita bahwa pohon merupakan penghubung penting antara alam dan kehidupan di Bumi. Tanpa adanya pohon, seluruh hewan dan kehidupan manusia berada dalam bahaya. Oleh karena itu, kita perlu menyelamatkan pohon, di mana artinya kita juga ikut menyelamatkan lingkungan di dunia. Lalu apa saja yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan lingkungan di hari Sejuta Pohon ini?

1. Menanam Pohon
Tidak perlu jauh-jauh, kita bisa menanam pohon di sekolah atau pekarangan rumah sendiri. Apakah itu menanam bibit pohon mangga, alpukat, rambutan, atau jenis pohon lainnya dan lakukanlah bersama teman-teman atau keluarga. Kalau dikerjakan bersama-sama, pasti rasanya menyenangkan.

 

2. Menggunakan Kertas Bekas
Untuk mencegah agar pohon tidak ditebang, kita bisa mengurangi penggunaan kertas. Misalnya di rumah atau di sekolah kita melihat banyak tumpukan kertas bekas, jangan langsung dibuang. Cek bagian belakang kertas, kalau masih kosong, kita bisa memanfaatkannya untuk menuliskan catatan, coret-coretan hitungan, atau pun disatukan menjadi buku kecil (notebook).

 

3. Kurangi Penggunaan Tisu
Sebanyak 3,2 juta ton tisu toilet dibuat dari 54 juta batang pohon yang ditebang. Bahkan dalam setiap rol tisu yang kita pakai, menghabiskan 140 liter air dalam proses pembuatannya. Untuk menguranginya, kita bisa mengganti pamakaian tisu dengan menggunakan sapu tangan.

 

4. Memanfaatkan Ulang Sisa Produk Kertas
Misalnya seperti kardus dimanfaatkan lagi untuk menyimpan baju bekas, kotak sepatu dibuat jadi laci kecil, gulungan tisu toilet yang sudah habis jadi tempat pensil, dan produk kertas lainnya.

 

5. Menggunakan Kertas Bambu
Menggunakan produk kertas yang bahan dasarnya bukan dari pohon. Misalnya seperti kertas dari bambu atau tebu, di mana kedua tanaman ini memiliki pertumbuhan yang sangat cepat, tidak seperti pohon yang membutuhkan waktu lama untuk tumbuh.

 


6. Hemat Kertas Saat Mencetak Dokumen
Jika ingin mencetak dokumen untuk kepentingan pribadi, kita bisa memperkecil margin dokumen dan memperkecil ukuran hurufnya. Tujuannya agar lebih banyak memuat huruf dalam satu halamannya. Selain itu, memilih jenis font yang simpel juga bisa mendukung tips hemat kertas ini.

 

7. Dokumen Tak Perlu Dicetak, Simpan di Ponsel
Kurangilah mencetak dokumen yang tidak benar-benar dibutuhkan, apalagi untuk dokumen yang masih bisa disimpan dalam bentuk digital di ponsel atau komputer.

 


8. Memanfaatkan Koran Bekas
Jika berlangganan koran, kita bisa mengumpulkannya dengan rapi dan jika jumlahnya sudah cukup banyak, kita bisa menjualnya ke tukang loak untuk didaur ulang kembali.

 


9. Memanfaatkan Media Digital Pengganti Fungsi Kertas
Kita bisa memanfaatkan ponsel, tablet, atau laptop untuk mengurangi penggunaan kertas. Misalnya dipakai untuk mencatat, mengerjakan beberapa tugas, belajar, atau pun membaca.

 


10. Mencetak Foto yang Perlu Saja
Tidak perlu mencetak semua foto yang kita punya. Cetaklah foto yang benar-benar dibutuhkan, sisanya bisa kita lihat saja lewat ponsel atau komputer.

Nah, itulah 10 cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga lingkungan di Hari Sejuta Pohon ini. Hal mana saja yang sudah sering kamu lakukan?

Komentar