Apa Jadinya Bumi Tanpa Pohon?

Tahukah kamu berapa jumlah semua pohon di dunia? Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan lewat Jurnal Nature pada tahun 2015, diketahui bahwa total seluruh pohon di dunia ini adalah sekitar 3 triliun. Wow, jumlah yang sangat besar sekali, bukan?

Namun faktanya, jumlah itu sudah banyak berkurang dari yang seharusnya. Dalam penelitian tersebut, seorang ilmuwan mengungkapkan bahwa selama ini manusia telah memusnahkan triliunan pohon dalam waktu yang sangat singkat. Setiap tahunnya, setidaknya manusia melenyapkan 15 miliar pohon lewat penebangan, pembakaran hutan, atau aktivitas lainnya. Jumlah ini tidak sebanding dengan banyaknya penanaman pohon yang hanya 5 miliar setiap tahunnya.

Duh, kalau terus-terusan begini, lama-lama pohon di dunia bisa habis, ya! Coba bayangkan, apa yang akan terjadi jika pada akhirnya Bumi tempat tinggal kita ini kehilangan semua pohonnya? Tentunya akan ada banyak perubahan yang memengaruhi kehidupan kita sebagai makhluk hidup. Mari simak beberapa perubahan yang akan terjadi jika tidak ada pohon lagi di Bumi ini.

 

  1. Terjadi Banjir, Tanah Longsor, dan Kekeringan

Pohon bagi Bumi adalah si penyerap air. Hutan mampu menyerap air sebanyak 60 sampai 80 persen ke dalam tanah, yang menjadikan pohon punya cadangan air tanah. Selain itu, akar dari pohon juga bisa menahan erosi dan mencegah tanah longsor. Jadi, kalau seandainya tak ada lagi pohon di dunia, Bumi akan mudah banjir saat musim hujan, dan saat musim kemarau, cadangan air berkurang drastis sampai menyebabkan kekeringan.

 

  1. Rantai Makanan Akan Hancur

Ratusan spesies menggantungkan hidupnya pada pohon. Nah, kalau pohon tidak ada, maka punah jugalah setiap spesies yang bergantung padanya. Hal itu terjadi karena ketiadaan pohon bisa menghancurkan rantai makanan di Bumi. Pohon habis, setahun kemudian disusul dengan kepunahan hewan-hewan herbivora, lalu setelah 4 sampai 5 tahun mendatang, hewan karnivora yang akan punah. Tak lama kemudian, manusia yang memanfaatkan tumbuhan dan hewan untuk bertahan hidup juga akan menghadapi ancaman kepunahan.

 

  1. Cadangan Oksigen Menjadi Terbatas

Demi bertahan hidup, manusia memerlukan oksigen untuk bernapas. Kita bernapas dengan menyerap oksigen dan melepaskan karbondioksida. Nah, karbondioksida yang kita lepaskan dibutuhkan pohon untuk proses fotosintesis. Pohon kemudian menghasilkan oksigen yang diperlukan manusia dalam proses pernapasan.

Kalau pohon tidak ada, maka proses fotosintesis akan terhenti, yang artinya karbondioksida yang kita lepaskan tidak bisa didaur ulang. Hal ini membuat cadangan oksigen di Bumi menjadi terbatas jumlahnya, manusia pun akan semakin sulit mendapatkan oksigen. Wah, bisa gawat, nih!

Dapat dibayangkan betapa porak-porandanya Bumi tempat tinggal kita jika tidak ada pohon, kan? Sebelum semuanya itu terjadi, marilah kita cegah. Yuk, kita luangkan sedikit waktu untuk alam kita.

Hari ini, tanggal 10 Januari, bertepatan dengan peringatan hari sejuta pohon sedunia. Momen ini menjadi perayaan yang pas bagi kita untuk kembali memikirkan alam. Tidak hanya sekadar memikirkan, bahkan lebih baik lagi kalau kita bisa turun tangan.

Nah, beberapa langkah kecil yang bisa kita lakukan untuk mewujudkannya bisa kamu baca dalam artikel 10 Cara Menyelamatkan Lingkungan di Hari Sejuta Pohon.

Selamat hari sejuta pohon sedunia!

Komentar