Mengenal Lebih Dalam Sistem Pencernaan dan Jenis-Jenis Makanan

Menjelang Hari Gizi Nasional pada 28 Februari, yuk belajar lebih dalam tentang sistem pencernaan dan jenis-jenis makanan.

 

Sebentar lagi, Indonesia akan memperingati Hari Gizi Nasional yang jatuh pada tanggal 28 Februari. Untuk menyambutnya, yuk belajar lebih dalam tentang sistem pencernaan dan jenis-jenis makanan!

 

Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan terdiri dari berbagai organ yang saling terhubung dan membentuk sebuah saluran. Organ tersebut adalah mulut, kerongkongan, lambung, usus kecil, usus besar, dan anus, dengan bantuan hati, pankreas, dan kantung empedu.

 

Usus kecil terdiri dari tiga bagian, yaitu duodenum, jejunum, dan ileum. Sementara itu, usus buntu, sekum, dan dubur termasuk dalam bagian dari usus besar. Usus buntu berbentuk seperti kantong yang melekat pada bagian sekum.

 

Bakteri yang terdapat dalam saluran pencernaan, yang dikenal dengan sebutan microbiome berfungsi membantu pencernaan, begitu pula sistem saraf dan sistem sirkulasi darah. Bekerja bersamaan, saraf, hormon, bakteri, darah, dan organ saluran pencernaan akan mencerna segala makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh setiap harinya.

 

Jenis-Jenis Makanan

Sekarang saatnya mempelajari jenis-jenis makanan. Australian Guide to Healthy Eating mengelompokkan jenis makanan ke dalam 5 kategori, yaitu:

 1. Sayuran

Sayuran juga tak semata-mata yang berwarna hijau. Jenis makanan ini juga terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu sayuran berdaun gelap, berwarna cerah, legum, mengandung tepung, dan sayuran lainnya.

2. Protein

Selanjutnya adalah protein yang terbagi menjadi dua, yaitu protein nabati yang berasal dari tumbuhan, dan protein hewani yang berasal dari hewan.

3. Buah-Buahan

Banyak sekali jenis buah yang bisa kamu temui, semuanya mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti apel, mangga, alpukat, beri, pisang, pepaya, dan masih banyak lagi.

4. Biji-Bijian

Makanan jenis ini termasuk gandum, roti, sereal, dan oatmeal. Jenis makanan ini bisa ditemui dalam roti, pasta, makanan sereal, dan oatmeal yang dicampurkan dengan susu dan buah-buahan, bisa juga dengan yogurt.

5. Produk Hasil Ternak Perah

Jenis ini termasuk susu, keju, yogurt, puding, mayonaise, hingga es krim. Susu terbagi menjadi susu rendah lemak, susu pasteurisasi, dan susu full cream.

 

Nah, itu tadi ulasan mengenai sistem pencernaan dan jenis makanan yang perlu kamu ketahui. Supaya kamu lebih mudah dalam belajar, kamu bisa akses Primaindisoft.com. Belajar lebih mudah dan menyenangkan? Bisa kok!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?