5 Fenomena Alam yang Menghiasi Langit Januari 2019

Memasuki tahun 2019, kita disuguhkan beberapa fenomena alam yang menghiasi langit di bulan Januari. Seperti supermoon, gerhana matahari sebagian, gerhana bulan total, dan fenomena angkasa lainnya. Tentunya pemandangan seperti ini sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan. Nah, kira-kira ada fenomena langit apa saja di bulan Januari ini?

  1. Bulan Baru

Fenomena bulan baru atau bulan mati akan terjadi pada 6 Januari 2019 pukul 01:28 UTC (Coordinated Universal Time) atau sama dengan 08.28 WIB. Fase ini terjadi pada saat posisi Bulan berada di antara Matahari dan Bumi serta ketiganya sejajar di langit. Akibatnya, tidak ada cahaya yang dipantulkan Bulan ke Bumi. Itulah kenapa kita tidak dapat melihat Bulan saat Bulan baru terjadi. Sebab, sisi gelap Bulanlah yang terlihat dari Bumi. Jadi, bulan memang akan tidak terlihat di mana-mana, seperti menghilang.

 

  1. Gerhana Matahari Sebagian

Di tanggal yang sama dengan fenomena Bulan baru, yaitu 6 Januari 2019, terjadi juga gerhana Matahari sebagian. Fenomena ini terjadi saat bayangan Bulan hanya bisa menutupi sebagian cahaya Matahari.

Namun, fenomena ini tak terlihat dari Indonesia. Gerhana Matahari sebagian ini cuma bisa dilihat dari di Tiongkok, Jepang, Korea, dan Rusia. Wah, sayang sekali, ya!

 

  1. Penampakan Venus

Pada 25 November 2018 lalu, Venus memang sudah bisa kita amati saat posisinya berada di atas 10 derajat dari cakrawala timur. Sejak itu, dari hari ke hari posisi Venus semakin meninggi dan menjauh dari Matahari. Ini membuat Venus semakin terlihat jelas di langit timur sebelum Matahari terbit.

Nah, puncak dari penampakan Venus ini bisa dilihat pada 6 Januari 2019, yaitu saat posisi Venus di langit Bumi berada sejauh 45 derajat dari posisi Matahari. Kita bisa mengamati fenomena ini mulai pukul 02.28 dini hari waktu setempat atau sekitar 3 jam 16 menit sebelum Matahari terbit.

 

  1. Bulan Super

Di tanggal 21 Januari 2019, kita bisa menyaksikan Supermoon atau Bulan super. Saat itu, posisi Matahari – Bumi – Bulan berada pada satu garis dengan Bulan berada pada jarak terdekat dengan Bumi. Bulan akan terlihat sedikit lebih besar dan lebih terang dari biasanya. Siapkan kameramu untuk memotret Bulan pada momen istimewa ini dan ikuti panduan memotret Bulan agar hasil fotomu jadi keren.

 

 

  1. Gerhana Bulan Total

Gerhana Bulan total atau sering disebut dengan blood moon juga terjadi pada 21 Januari 2019. Fenomena ini cukup istimewa karena bertepatan dengan supermoon. Sayangnya, saat fenomena ini terjadi, di Indonesia sudah siang hari. Hanya mereka yang berada di benua Amerika, sebagian Asian Barat, Eropa, dan Afrika saja yang bisa mengamatinya.

Nah, itulah beberapa fenomena yang menghiasi langit selama Januari 2019. Menurut kamu, fenomena mana yang paling menarik?

Komentar