Fakta Random : Pisang

#ShareYourMind

Pisang atau Banana dalam bahasa Inggris, adalah buah yang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi.
Kandungan vitaminnya sangat tinggi, terutama provitamin A, yaitu betakaroten, sebesar 45 mg per 100 gram berat kering, vitamin B, yaitu tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 (piridoxin) sebesar 0,5 mg per 100 gram.
Vitamin B6 berfungsi sebagai koenzim untuk beberapa reaksi dalam metabolisme, vitamin B6 berperan dalam sintetis dan metabolisme protein, khususnya serotonin. Serotonin diyakini berperan aktif sebagai neurotransmiter dalam kelancaran fungsi otak dan berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat.

Pisang sebagai sumber energi

Tahukah kamu, nilai energi pisang sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat, dan juga dua kali lipat lebih tinggi daripada apel. sedangkan Apel dengan berat yang sama (100 gram) hanya mengandung 54 kalori.

Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.

Pisang Buah Favorit Atlet

Diketahui bahwa karbohidrat pisang menyediakan energi sedikit lebih lambat dibandingkan dengan gula pasir dan sirup, tetapi lebih cepat dari nasi, biskuit, dan sejenis roti. Karena fungsinya sebagai cadangan energ, oleh karena itu pisang dijadikan buah yang paling sering dikonsumsi oleh banyak atlet pada saat beristirahat.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?