Asal Mula Tradisi Lebaran

 

Setelah satu bulan umat Islam berpuasa, di penghujung bulan diakhiri dengan merayakan hari kemenangan Idul Fitri. Jika si kecil sudah mulai berpuasa, maka buatlah hari raya ini menjadi hari yang menyenangkan. Ada berbagai tradisi masyarakat dalam menyambut hari raya lebaran. Berikut ini ada berbagai tradisi lebaran yang bisa diceritakan kepada anak.

1. Mudik

Pulang ke kampung halaman untuk bertemu dengan sanak saudara, merayakan hari raya lebaran beramai-ramai tentu akan sangat nikmat. Si kecil juga bisa belajar budaya lokal daerah secara langsung, yang selama ini mungkin belum diketahuinya.

 

2. Bermaaf-maafan

Tradisi bermaaf-maafan yang dilakukan oleh umat Islam di pulau Jawa, konon awalnya diperkenalkan oleh Sunan Bonang. Dijelaskan bahwa Sunan Bonang mengajarkan umat untuk saling bermaafan sebagai penyempurna atas pengampunan yang diberikan Tuhan.

 

3. Ketupat

Lebaran ketupat muncul dari tradisi Jawa yang dibuat oleh Sunan Kalijaga. Saat lebaran ketupat, hampir setiap rumah menganyam daun kelapa muda untuk dibuat ketupat. Setelah selesai dimasak, ketupat dibagikan ke kerabat yang lebih tua sebagai lambang kebersamaan. Ketupat sendiri memiliki berbagai arti, salah satunya adalah melambangkan kesalahan manusia, dilihat dari rumitnya anyaman ketupat.

 

4. Baju Baru

Tampil dengan baju baru untuk hari lebaran tentu akan memberi semangat tersendiri. Sejatinya, umat Islam dianjurkan memakai baju terbaiknya saat shalat Idul Fitri. Karena itulah banyak yang berbelanja untuk membeli baju baru.

 

Tak jarang, banyak masyarakat pada bulan Ramadhan yang Berjualan Menjelang Hari Raya berdagang untuk meramaikan hari raya. Mulai dari menjual makanan berbuka, hingga berjualan pakaian atau satu set perlengkapan shalat. Tak ada salahnya jika Anda mengajak si kecil untuk membeli pakaian baru untuk lebaran, ini juga bisa menjadi apresiasi untuknya setelah ikut berjuang belajar puasa selama satu bulan lebih.

 

Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?