Penting, Kenali Gangguan Belajar Anak Sejak Dini

Ayah Bunda mungkin senang kalau si kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas, kreatif, bersemangat, dan ceria di rumah maupun di sekolah. Namun, bagaimana kalau yang terjadi adalah hal sebaliknya? Ya, misalnya tanpa kita sadari si kecil ternyata mengalami masalah gangguan belajar. Sedangkan gangguan belajar ini bisa memengaruhi perasaan dan perilaku pada anak. Sebagai orang tua, apa yang harus dilakukan? Dan apa saja jenis gangguan belajar yang mungkin dialami anak?

Gangguan belajar pada anak biasanya meliputi kemampuan mereka dalam hal memperoleh, menyimpan informasi, atau menggunakan keahlian khusus akibat masalah dari dalam dan luar si kecil, yang bisa memengaruhi performa akademis mereka.

Gangguan belajar hanya dapat memengaruhi fungsi tertentu saja, berbeda dengan keterbelakangan mental yang biasanya memengaruhi semua fungsi kognitif secara luas. Meskipun begitu, gangguan belajar ini sangat penting untuk dideteksi sejak dini. Jika terlambat, biasanya berakibat fatal terhadap si kecil. Misalnya seperti sering timbul luapan rasa marah, frustasi, dan gangguan depresi.

Ada tiga jenis gangguan belajar yang paling utama, yaitu

1. Gangguan Membaca (Disleksia)

Gangguan belajar yang terkait keterampilan membaca si kecil yang berada di bawah tingkatan usia pendidikan dan intelegensi anak. Ciri-cirinya seperti gagal dalam mengenali kata-kata, lambat dan tidak teliti saat membaca, memiliki pemahaman yang buruk.

2. Gangguan Matematik (Diskalkulia)

 

Gangguan ini berhubungan dengan keterampilan matematik yang berada di bawah tingkatan usia pendidikan dan intelegensi anak. Ciri-cirinya adalah anak sering gagal memahami istilah matematika (linguistik), sulit mengubah soal tulisan ke simbol matematika. Anak juga sulit memahami simbol dan mengurutkan kelompok angka (perseptual), lambat mengerti pengurangan, penjumlahan, perkalian, pembagian, serta cara mengoperasikannya (matematik).

3. Gangguan Menulis Ekspresif (Spelling Dyslexia & Spelling Disorder)

Gangguan ini berhubungan dengan keterampilan menulis yang berada di bawah tingkatan usia pendidikan dan intelegensi anak. Ciri-cirinya, si kecil banyak melakukan kesalahan dalam menulis, tampilan tulisan yang buruk.

Gerak-gerik anak yang mengalami gangguan belajar biasanya terlihat jelas saat mereka berada di dalam kelas. Misalnya seperti tidak dapat duduk dengan tenang di bangkunya, memiliki konsentrasi yang pendek, lambat dalam menyelesaikan tugas dari guru, serta tidak mau mengerjakan tugas yang diberikan. Nah, hal di atas merupakan bentuk penghindaran dari pengerjaan tugas yang mereka rasa sulit untuk dilakukan.

Tindakan Orang Tua

1. Mendampingi Anak Belajar

Orang tua penting sekali untuk mendampingi si kecil ketika mereka mengalami gangguan belajar. Bisa dimulai dengan menemukan kelebihan dan kemampuan anak terlebih dulu. Hal ini dapat membantu mengembangkan kemampuan si kecil, sehingga berpotensi meningkatkan kepercayaan diri mereka.

2. Menciptakan Kondisi Belajar yang Menyenangkan

Di usia emasnya si kecil (4 -5 tahun), tugas utama mereka adalah bermain. Sebab itu, penting bagi mereka untuk belajar dalam kondisi yang menyenangkan, seperti yang mereka rasakan saat bermain. Apalagi untuk anak yang mengalami gangguan belajar, Ayah Bunda sebaiknya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membebani mereka.

3. Mengapresiasi Anak

Anak yang mengalami gangguan belajar, sering kali memiliki percaya diri yang rendah. Apakah itu karena diejek oleh temannya atau karena membandingkan kemampuannya sendiri dengan teman-temannya di kelas. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memberikan pujian jika si kecil setiap kali ia berhasil mengerjakan sesuatu. Hal ini bisa memotivasi mereka untuk berbuat yang lebih baik lagi serta dapat meningkatkan rasa nyaman dan percaya diri.

Nah, itulah beberapa hal penting yang perlu dipahami orang tua untuk mendeteksi gangguan belajar anak sejak dini. Meskipun si kecil memiliki keterbatasan dan tidak sempurna, orang tua bisa menjadi pelengkap dan penyokong yang hebat di masa-masa emas pertumbuhan mereka.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?