Kiat Agar Si Kecil Tidak Kecanduan Gadget

Di masa kini, kita sebagai orang tua tidak bisa memungkiri keberadaan gadget dan teknologi yang ada di sekitar kita. Si kecil mungkin sudah mulai lengket dengan gadget. Tak perlu kuatir ada beberapa hal yang bisa kita lakukan sebagai orang tua agar si kecil tidak sampai kecanduan gadget.

 

Sebagai orang tua di era digital seperti ini, tugas kita bukan untuk melarang atau membebaskan anak memakai gadget. Sikap yang lebih tepat adalah kita mendidik anak sejak dini untuk dapat memanfaatkan teknologi dengan baik serta memiliki perilaku yang tepat di dunia online. Untuk melakukan hal itu, kita dapat menerapkan beberapa prinsip dalam digital parenting berikut:

  • Membatasi penggunaan gadget sesuai umur

Gadget sebaiknya diperkenalkan kepada anak ketika sudah mencapai usia 18 bulan. Kemudian anak bisa memulai mendapatkan program-program edukatif dengan pendampingan penuh dari kita. Untuk anak usia TK (2-5 tahun), sebaiknya penggunaan gadget dibatasi 1 jam dalam sehari.

  • Mengenal prinsip “internet aman”

Kita harus memastikan bahwa perangkat yang digunakan si kecil aman. Kita bisa mulai memeriksa Pengaturan/Setting dalam tiap aplikasi, terutama aplikasi yang sering dibuka, misalnya Youtube. Gunakan fungsi Parental Control yang tersedia dalam perangkat dan tiap-tiap aplikasi.

  • Membuat kesepakatan dalam keluarga

Libatkan anak dalam membuat kesepakatan bersama dalam keluarga, misalnya penentuan “area tanpa gadget” atau “waktu tanpa gadget”. Patuhi hal tersebut karena anak akan meniru perilaku Anda jika Anda tidak mematuhi peraturan yang Anda buat sendiri.

  • Memilih konten yang edukatif

Hal yang tak kalah penting adalah menentukan “menu” program atau konten yang dibuka anak. Kita bisa memilih website yang khusus dirancang untuk pendidikan seperti Primaindisoft  dibandingkan membuka website lain yang sifatnya lebih umum. Website pembelajaran seperti Primaindisoft lebih aman karena anak tidak akan menemukan konten-konten yang sifatnya negatif.

 

 

Anak-anak kita mungkin lebih canggih dan lebih menguasai teknologi dibandingkan kita. Namun, dengan pengalaman dan kematangan kita sebagai orang tua, kita dapat bersikap lebih cerdas dan bijaksana dalam membimbing anak-anak kita menjadi yang terbaik pada era mereka yang penuh tantangan ini.

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?