Menjelaskan Kepada Anak tentang Blood Moon 2018

 

Pada tanggal 28 Juli 2018 akan terjadi fenomena yang cukup menarik yang hanya dapat dinikmati di sebagian wilayah Bumi, yaitu gerhana bulan total. Beruntungnya, kita akan dapat melihat fenomena ini di Indonesia.

 

Gerhana bulan tanggal 28 Juli ini akan menjadi gerhana bulan terlama sepanjang Abad 21. Gerhana bulan ini  akan berlangsung selama 1 jam 43 menit. Nah, momen istimewa ini sangat menarik untuk dinikmati bersama keluarga Anda, terutama anak-anak yang mungkin akan penasaran dengan peristiwa alam ini.

Selain menjadi yang terlama, gerhana bulan ini akan mengakibatkan terjadinya fenomena “Blood Moon” dimana bulan akan tampak berwarna merah. Perlahan-lahan kita akan melihat bulan menjadi lebih gelap dengan semburat warna merah kecoklat-Coklatan. Warna merah pada bulan selama gerhana diakibatkan oleh pembiasan cahaya matahari oleh atmosfer bumi.

 

Sambil menyaksikan fenomena menarik ini, Anda dapat mengajak anak belajar sesuatu. Jika Anda bingung menjelaskan tentang proses terjadinya gerhana, Anda dapat menunjukkan Simulasi Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan kepada anak Anda.

Bagi anak-anak yang lebih kecil, Anda dapat menghubungkan fenomena gerhana ini dengan konsep yang lebih sederhana seperti Rotasi Bumi. Atau, Anda dapat mengajak anak Anda menghubungkan pergerakan Bumi ini dengan konsep waktu seperti Satuan Hari, Minggu, Bulan, dan Tahun.

Semoga momen belajar bersama keluarga ini akan jadi lebih menarik dan menyenangkan dengan konten-konten menarik dari Primaindisoft.com.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?