5 Jenis Makanan Ini Bisa Bantu Menghadapi Ujian Akhir Sekolah

Menghadapi Ujian Akhir Sekolah bukan hanya tentang belajar dan belajar saja. Agar semakin semangat dan konsentrasi, lengkapi gizimu dengan 5 makanan ini!

 

Minggu-minggu menjelang menghadapi ujian akhir sekolah adalah yang terberat. Tidak hanya tenaga, pikiran juga ikut terkuras karena menghafal banyak materi sekaligus. Selain menjaga kesehatan dengan berolahraga, kamu juga harus memberikan asupan makanan bergizi bagi tubuh dan otak.

Beberapa jenis makanan dianggap memiliki kandungan gizi yang lebih baik untuk membantumu lebih berkonsentrasi dibanding makanan lain. Yuk simak 5 sajian yang bisa kamu santap untuk menghadapi ujian akhir sekolah berikut ini!

 

1. Kacang-kacangan

Ada banyak jenis kacang-kacangan yang diklaim mampu meningkatkan kinerja otak. Salah satunya adalah kacang kenari. Selain bisa mengatasi kelelahan pada otak karena berpikir, kacang kenari bisa mempercepat kerja otak dalam menyimpan dan memroses informasi. Kamu juga bisa memilih kacang almond, pistachio atau kacang tanah sebagai camilan saat ujian.

 

2. Apel

Apel mengandung asetilkolin yang bisa meningkatkan persepsi sensorik dan mengurangi kecemasan. Sebuah studi menunjukkan bahwa siswa yang makan apel di siang hari mengalami peningkatan nilai hingga 7 poin saat ujian sore harinya.

 

3. Yogurt

Yogurt selama ini diketahui sebagai minuman yang baik untuk pencernaan. Lantas, apa hubungannya dengan otak? Ketika pencernaanmu dalam kondisi baik, suasana hati ternyata bisa ikut membaik. Kamu akan lebih berenergi dan bisa menghafal untuk menghadapi ujian akhir sekolah dengan lebih baik. Meskipun berbahan dasar susu, yogurt ternyata tetap aman dikonsumsi oleh orang-orang yang alergi laktosa.

 

4. Salmon

 

Ikan salmon memiliki kandungan omega-3 yang tinggi. Selain bisa membantu meningkatkan kemampuan belajar, ikan mengonsumsi ikan salmon bisa membantu mempertajam ingatan dan fungsi kognitifmu.

 

5. Brokoli

 

 

Meskipun jarang disebut sebagai makanan terbaik untuk otak, sayuran super satu ini ternyata adalah santapan terbaik bagi orang yang baru mengalami cedera otak. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa brokoli ternyata mampu memperbaiki dan memperbarui sel-sel saraf yang rusak. Ini sangat baik untuk kesehatan otakmu.

Setelah membekali tubuh dengan aneka makanan yang bergizi, jangan lupa untuk tetap belajar dan mengerjakan soal-soal latihan dari Primaindisoft ini. Dengan kombinasi sempurna ini, kamu pasti bisa menghadapi ujian akhir sekolah dengan baik.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?