Ingin Cepat Menghafal Materi Ujian Akhir Sekolah? Simak Tipsnya!

Ujian Akhir Sekolah sudah di depan mata. Persiapkan dirimu dengan tips menghafal materi berikut ini!

 

Karena otak kita selalu bekerja untuk menyerap informasi baru, tidak heran kalau kita seringkali lupa. Ini tentu saja hal yang normal, tapi bagaimana kalau ujian akhir sekolah sudah dekat? Kalau tidak bisa menghafal dengan cepat, bisa-bisa banyak soal yang tidak terjawab nantinya.

Nah, jika kamu ingin menghafal materi ujian akhir sekolah dengan cepat, ada beberapa trik dan tips yang bisa kamu coba. Apa saja?

1. Mulailah dengan Olahraga

Selain bagus untuk fisik, olahraga ternyata juga bisa membantu meningkatkan kemampuan belajar dan mengingat. Jadi ketika kamu kesulitan memecahkan soal atau mengingat rumus, cobalah berjalan keluar rumah selama kurang lebih 15 menit dan rasakan hasilnya.

2. Tulis Apa yang Ingin Kamu Ingat Berulang-ulang

Meskipun terdengar seperti sebuah aktivitas yang membuang-buang waktu dan membosankan, menuliskan kembali apa yang ingin kamu hafal ternyata bisa membantumu mengingat lebih lama. Berdasarkan penelitian, menulis berulang-ulang jauh lebih efektif daripada sekadar membaca berulang-ulang.

3. Belajar di Malam Hari

Meskipun ada di antara kamu yang lebih suka belajar di siang hari, menghafal di malam hari ternyata mampu membantumu lebih fokus. Selain itu, karena tidur setelah menghafal, otakmu akan lebih mudah mengingat kembali materi yang sudah dipelajari keesokan harinya.

4. Fokus pada Satu Hal Saja

Ketika kamu memilih untuk menghafal pelajaran sejarah, maka fokuslah. Melakukan hal lain seperti bermain ponsel, mengobrol, apalagi bermain Facebook akan membuat belajarmu jadi tidak efektif. Akhirnya, kamu malah akan mudah melupakan apa yang sudah kamu baca.

5. Ajarkan Kembali Apa yang Sudah Kamu Pelajari

Membagikan pengetahuan yang kamu dapatkan ternyata bisa membantu mempertahankannya lebih lama dalam ingatan. Ini sudah terbukti melalui beberapa penelitian. Ketika kamu mengajarkan kembali apa yang sudah kamu pelajari kepada orang lain dengan menggunakan bahasamu sendiri, kamu akan lebih paham. Teknik ini bisa kamu gunakan kalau sedang belajar kelompok dengan teman-teman.

Sudah selesai menghafal? Saatnya menguji ingatanmu dengan mengerjakan soal-soal latihan. Selain yang ada di buku pelajaran, kamu bisa memilih salah satu konten kumpulan Latihan Soal yang disediakan di Primaindisoft ini agar ujian akhir sekolah yang akan kamu hadapi berjalan lancar.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?