Mengenal Apa Itu Metode Flipped Classroom dan Cara Penerapannya

Perkembangan teknologi memunculkan metode belajar baru bernama flipped classroom. Lalu, apa itu metode flipped classroom? Bagaimana penerapannya?

 

Cara belajar di zaman dulu tentu beda dengan zaman sekarang. Perkembangan teknologi memungkinkan para siswa untuk bisa belajar dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Salah satu pemanfaatan teknologi sebagai sarana belajar adalah metode belajar flipped classroom. Namun, tak semua orang tahu apa itu metode flipped classroom.

Flipped classroom merupakan metode pembelajaran terbalik bila dibandingkan dengan metode belajar konvensional. Pada metode belajar biasa, siswa mendapatkan pemaparan materi dari guru di dalam kelas. Selanjutnya, siswa akan memperoleh tugas menyelesaikan soal yang dikerjakan di rumah atau yang biasa disebut pekerjaan rumah (PR).

Nah, pada metode flipped classroom, situasi tersebut dibalik 180 derajat. Siswa tidak akan memperoleh PR. Sebagai gantinya, mereka harus mempelajari materi secara menyeluruh di rumah. Materi yang bisa mereka pelajari beragam, seperti menonton video edukatif, berdiskusi secara online, ataupun membaca buku pelajaran.

Lalu, apa yang dilakukan oleh para siswa ketika berada di dalam kelas? Saat di dalam kelas, guru tinggal memberi tugas sebagai pengganti PR. Dari situ, guru bisa mengetahui siswa yang menguasai materi serta mereka yang kurang begitu memahami materi. Pada tahapan ini, guru bertindak aktif dalam mendorong agar siswa bisa paham tentang materi yang diajarkan.

Definisi apa itu metode flipped classroom di atas sesuai dengan penjelasan Jonathan Bergmann dan Aaron Sams dalam buku berjudul “Flip Your Classroom: Reach Every Student in Every Class Everyday”.Di situ, tertulis bahwa konsep flipped classroom adalah aktivitas yang biasanya dilakukan di kelas, kini diselesaikan di rumah dan sebaliknya.

Cara Menerapkan Metode Flipped Classroom di Sekolah

Cara penerapan metode belajar flipped classroom bisa dilakukan dengan begitu mudah. Apalagi, saat ini akses internet bisa didapatkan dengan begitu gampang. Selain itu, platform online yang menyediakan sarana pembelajaran juga begitu banyak dan memberikan penjelasan yang komprehensif.

Salah satu layanan pembelajaran online dengan materi komprehensif yang bisa dimanfaatkan adalah Primaindisoft. Materi yang tersedia juga bervariatif, mulai dari TK sampai SMA. Cara penyampaian materinya juga beragam, berupa latihan soal, komik, video, dan lain-lain.

Dengan materi dan cara pembelajaran yang lengkap, metode belajar flipped classroom bisa berjalan lancar.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?