Tips Memotret Gerhana Bulan dengan Kamera Ponsel

 

Pada tanggal 28 Juli 2018, masyarakat Indonesia akan menyaksikan fenomena unik, yaitu gerhana bulan terlama di abad ini. Nah, momen ini akan semakin spesial jika kamu bisa mengabadikannya melalui foto. Simak tips berikut supaya kamu bisa menghasilkan foto gerhana bulan yang keren!

 

1. Siapkan Perlengkapan

Mengambil foto bulan saat gerhana tidaklah sulit. Justru itulah saat paling tepat memotret bulan karena kita akan dapat melihat bagian gelap dari bulan dengan jelas. Untuk membuat fotomu lebih high quality, kamu perlu mempersiapkan beberapa peralatan berikut:

  • Tripod untuk smartphone supaya foto yang kamu ambil bisa lebih fokus dan tidak blur.
  • Lensa tambahan dengan optical zoom 12x dan 18x karena terkadang digital zoom di kamera ponsel tidak cukup untuk menghasilkan foto yang jernih.
  • Teleskop, jika memungkinkan, karena sudah pasti hasil foto yang menggunakan teleskop akan jauh lebih berkualitas dan kamu bisa melihat lebih banyak detail. Tidak perlu teleskop besar untuk melihat gerhana bulan. Teleskop teresterial kecil yang portabel pun sudah cukup untuk bisa melihat bulan dengan jelas.

 

2. Pilih Lokasi yang Tepat

Memilih lokasi untuk mengambil foto sangatlah penting. Kamu sebaiknya memilih lokasi dengan polusi cahaya yang rendah. Artinya, tidak terlalu banyak cahaya lampu di lokasi tersebut karena akan mempengaruhi hasil pengambilan foto. Selain itu, kamu harus memperhatikan lokasi bulan akan muncul. Pada gerhana 28 Juli 2018, lokasi gerhana ada di arah barat sehingga lokasi yang kamu pilih harus memiliki pandangan ke arah barat yang luas.

 

3. Lakukan Percobaan sebelum Gerhana

Sebaiknya sebelum mulai terjadi gerhana, kamu sudah latihan mengambil gambar dengan menggunakan ponsel dan semua perlengkapan yang kamu siapkan. Jika kamu menggunakan teleskop, akan sedikit lebih sulit karena posisi bulan yang terus bergerak. Namun, jika kamu sudah terbiasa, kamu akan semakin ahli mengambil berbagai variasi foto dari bulan. Kamu juga bisa menyesuaikan exposure dan berbagai pilihan mode di kamera supaya foto menjadi semakin bagus.

 

Setelah kamu berhasil mengambil gambar gerhana bulan, kamu bisa membuat hasil akhir foto menjadi lebih cantik dengan mengeditnya. Lakukan editing minimal seperti Melakukan Rotate, Resize, dan Cropping, Memperbaiki Warna atau Menambahkan Filter dengan Adobe Photoshop di komputer. Kamu juga bisa mengedit foto gerhana bulan dengan menggunakan berbagai Aplikasi Mobile di ponsel kamu. Selamat mencoba!

Komentar