Yuk, Ajak Si Kecil Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia dengan Berkebun

Kerusakan hutan dan lahan akibat pembalakan liar ataupun pengurangan kawasan hutan (deforestasi) untuk kepentingan pembangunan lain sering berakibat pada timbulnya bencana banjir, tanah longsor, kekeringan, serta pemanasan global.

Karena hal tersebut, sebagai upaya untuk memulihkan kembali kondisi hutan, pemerintah melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2008 menetapkan tanggal 28 November sebagai Hari Menanam pohon Indonesia (HPMI) dan bulan Desember sebagai Bulan Menanam Nasional.

Dengan adanya penetapan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional tersebut, harapannya segenap lapisan masyarakat Indonesia dari mulai yang masih duduk di bangku Taman Kanak-Kanak hingga yang sudah tua tergerak untuk menanam pohon atau melakukan kegiatan penghijauan.

Oleh sebab itu, tentu tidak ada salahnya apabila mengajak si kecil memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia pada tanggal 28 November nanti dengan cara berkebun di halaman rumah. Meski sederhana, dengan cara ini Bunda bisa melatih si kecil agar ia lebih dekat dengan alam dan mencintai lingkungan.

Tips Berkebun Bersama Si Kecil

Nah, apabila Bunda ingin mengajak si kecil berkebun. Berikut adalah beberapa tips yang sebaiknya Bunda perhatikan.

  1. Ajarkan Si Kecil Cara Menggunakan Alat-Alat Berkebun

Hal pertama yang perlu Bunda lakukan sebelum berkebun bersama si kecil adalah mengajarinya menggunakan alat-alat berkebun. Dalam hal ini, Bunda sebaiknya memilih alat-alat sederhana yang tidak terlalu berat dan mudah digunakan oleh anak-anak.

  1. Biarkan Si Kecil Memilih Tanaman yang Ingin Ditanam

Trik ini sangat berguna untuk memancing si kecil agar tertarik untuk berkebun. Apabila mereka memilih sendiri tanaman yang hendak ditanam, hal itu tentu akan membuat mereka lebih antusias.

  1. Berikan Pekerjaan yang Ringan

Tips berikutnya, berikan pekerjaan-pekerjaan yang ringan untuk si kecil, misalnya menyiram tanaman, memberi pupuk, dan lain sebagainya. Di awal-awal, Bunda bisa mendampinginya dan memberi arahan agar tidak salah dalam melaksanakan tugasnya. Namun apabila si kecil sudah mulai paham, biarkan dia melakukan tugasnya sendiri.

  1. Hias Kebun dengan Aneka Ornamen

Nah, apabila tanaman yang ditanam bersama sudah mulai tumbuh besar, Bunda juga bisa mengajak si kecil menghias kebun dengan aneka ornamen. Misalnya dengan menata batu-batuan hias, menaruh patung-patung kecil penghias taman, dan lain sebagainya.

  1. Berikan Pujian atas Hasil Kerjanya

Terakhir, jangan lupa memberi pujian untuk setiap aktivitas yang dilakukan si kecil. Hal iniĀ  penting agar timbul perasaan bangga di dalam dirinya dan ia semakin rajin dan menyukai aktivitas berkebun.

Jadi, itulah beberapa tips yang perlu Bunda perhatikan saat berkebun bersama si kecil. Semoga bermanfaat!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?