Yuk, Kenali Ragam Suku Bangsa di Indonesia dan Sejarahnya

Indonesia adalah negara yang sangat kaya dengan kebudayaan. Ragam suku bangsa memiliki keunikan tersendiri dan sangat rugi jika tidak dipelajari.

 

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2010 lalu, ada 1.340 suku bangsa di Indonesia. Masing-masing memiliki adat istiadat yang berbeda-beda dan unik. Meskipun demikian, ragam suku tersebut memperkaya Indonesia sebagai suatu bangsa yang besar.

 

Populasi Terbanyak

 

 

Di Indonesia, suku bangsa yang memiliki populasi paling banyak adalah suku Jawa. Masyarakat yang sebagian besar menempati Pulau Jawa ini identik dengan budayanya yang lemah lembut. Bahasa yang umum digunakan adalah bahasa Jawa. Setelah suku Jawa, ada juga suku Sunda. Meskipun tidak sebanyak suku Jawa, orang suku Sunda cukup mendominasi, terutama di daerah Jawa Barat.

Selanjutnya, ada suku Batak, suku Madura, suku Betawi, suku Minangkau, suku Bugis, suku Melayu, dan sebagainya. Masing-masing terpusat di daerah tertentu. Suku Batak misalnya, ada di daerah Sumatera Utara dan sekitarnya. Namun, ada banyak juga masyarakat suku tersebut yang merantau dan tinggal di daerah lain. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya akulturasi.

 

Belajar Mengenal Suku yang Berbeda

 

 

Saat ini, lingkungan masyarakat tidak lagi homogen atau terdiri dari satu kelompok tertentu saja. Dalam satu kampung dapat dihuni oleh berbagai suku. Apalagi di daerah-daerah perkotaan yang sebagian besar merupakan pendatang, keragaman tersebut sangat nyata.

Nah, dalam situasi ini, orang tua dapat mengajarkan pengetahuan tentang keragaman suku bangsa kepada anak. Hal-hal menarik berupa cerita fiksi dari suku tersebut dapat menjadi pelajaran moral untuk bersama. Dengan mengenal teman dari suku lain, anak akan lebih menghargai keberadaannya, meskipun berstatus bukan sebagai penduduk asli.

Ragam suku bangsa juga dapat dibedakan secara khusus dari rumah adatnya, pakaian tradisionalnya, seni dan kebudayaannya, serta upacara dan ritual adat yang digelar. Sangat penting untuk menghargai hal-hal tersebut sebagai wujud penghargaan kepada orang lain dari suku yang berbeda.

Nah, mengajak anak untuk mengenali ragam suku bangsa di Indonesia akan melahirkan semangat toleransi. Anak pun dapat belajar untuk merawat persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk memahami lebih jauh suku bangsa di Indonesia, Anda bisa mempelajari mind map atau peta pikiran di Primaindisoft.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?