Mengajak Anak Belajar Pentingnya Persahabatan dengan Berbeda Etnis

Salah satu bentuk toleransi adalah tidak menjelek-jelekkan masyarakat yang berbeda etnis. Anak didik harus belajar untuk bersahabat dengan siapa pun.

 

Indonesia adalah negara dengan penduduk yang sangat beragam. Ada banyak suku bangsa yang menetap di wilayah kesatuan Republik Indonesia. Selain itu, ada pula banyak pemukim dari berbagai etnis yang beraktivitas bersama dalam suatu lingkungan masyarakat, seperti etnis Cina, etnis Arab, etnis India, dan sebagainya. Bergaul bersama dengan etnis berbeda dalam keseharian bukan lagi hal yang aneh.

 

Etnis adalah kelompok masyarakat yang dibedakan berdasarkan kepercayaan, ras, adat, bahasa, dan sejarahnya. Istilah etnis biasanya digunakan untuk kelompok masyarakat tertentu yang bukan merupakan asli dari Indonesia. Namun, seiring dengan waktu, masyarakat ini berbaur dengan penduduk lokal dan tetap mempertahankan identitasnya.

 

Pentingnya Menghargai Perbedaan

 

 

Perbedaan etnis seharusnya tidak menghalangi terjalinnya silaturahmi di antara sesama anggota masyarakat. Prinsip ini juga yang harus ditekankan seorang pendidik kepada anak didik. Meskipun bukan berstatus sebagai penduduk lokal, masyarakat etnis berhak untuk diterima dan dihargai.

Perbedaan etnis memang cukup besar, bahkan cenderung mendasar. Oleh karena itu, masih ada penduduk lokal yang sulit untuk berbaur dengan masyarakat etnis yang berbeda. Padahal, perbedaan tersebut tetap dapat dipahami sebagai bagian dari keragaman dan kekayaan Indonesia.

 

Bersahabat dengan Etnis Berbeda

 

Selain diajarkan untuk menghargai perbedaan, anak didik juga harus belajar untuk menghormati budaya satu sama lain. Di sekolah atau ruang kelas, guru akan menerangkan apa saja hal yang penting dan berharga bagi suatu etnis dan bagaimana cara menghormatinya. Anak didik juga bisa diajarkan mengenai hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan ketika berinteraksi dengan teman yang berbeda.

 

Dalam hal ini, guru berperan untuk menumbuhkan rasa toleransi antara sesama siswa. Selain itu, perlu juga ada rasa saling menyayangi dan menghargai teman atau orang lain, meskipun memiliki perbedaan. Bahasan ini sangat cocok diangkat pada saat memperingati Hari Persahabatan Nasional. Gunakan kesempatan ini untuk memperkenalkan anak dengan keunikan etnis lain.

 

Nah, inilah ulasan singkat mengenai pentingnya persahabatan dengan berbeda etnis. Semoga bermanfaat!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?