Ini 5 Peran Guru dalam Perkembangan Anak Didik

Apa saja peran guru terhadap perkembangan anak didik? Berstatus sebagai pendidik, guru memiliki peluang yang besar untuk mengembangkan kualitas siswa-siswanya.

 

Guru memiliki peran yang amat besar terhadap perkembangan anak didik. Interaksi yang berlangsung cukup lama di antara keduanya membuka kesempatan ini secara luas. Beberapa peran yang mengikuti status guru sebagai pendidik tersebut antara lain:

 

1. Mengembangkan bakat anak didik

Salah satu peran guru adalah mengembangkan bakat anak didik. Pada umumnya, anak-anak masih belum memahami atau menyadari bakatnya yang sesungguhnya. Guru adalah orang yang paling ideal untuk mengenali bakat tersebut karena setiap hari memantau perkembangan dan kemampuan anak di ruang belajar.

 

2. Memberikan nasihat yang bijak

Peran guru lainnya adalah sebagai penasihat yang bijak. Anak didik bisa diibaratkan sebagai anak sendiri yang masih membutuhkan arahan dan bimbingan. Memiliki pengetahuan dan pengalaman yang lebih banyak, guru harus bisa menyampaikan nasihat-nasihat yang tepat dan bernilai moral.

 

3. Sebagai panutan yang bisa diteladani

Guru bukan hanya pandai menyampaikan teori-teori, tetapi juga harus bisa melakukannya dalam keseharian. Dalam hal ini, guru berperan sebagai panutan yang bisa diteladani oleh anak didik. Contoh seperti ini akan lebih mudah ditiru dan dilakukan oleh anak didik daripada sekadar instruksi atau imbauan tertentu.

 

4. Melatih anak didik supaya menjadi ahli

Peran guru lainnya adalah menjadi pelatih yang efektif bagi anak didik. Guru harus mampu mengetahui cara untuk memotivasi anak supaya tidak murah menyerah dalam proses latihan tersebut. Keberhasilan anak sebagian juga ditentukan oleh latihan yang benar dan terus-menerus.

 

5. Mengevaluasi perkembangan anak didik

Selain menyampaikan materi pelajaran, guru juga memiliki peran yang sangat penting dalam kegiatan evaluasi siswa. Dengan peran ini, guru dapat memantau perkembangan anak didik. Khusus bagi siswa yang dianggap belum mampu, guru pun mengetahui solusi terbaik untuk mendongkrak kemampuannya. Cara yang digunakan bisa dalam bentuk mengulang materi atau mengubah metode ajar.

 

 

Nah, inilah beberapa peran guru yang sangat penting dalam perkembangan anak didik. Berbagai inspirasi lainnya seputar dunia pendidikan juga dapat Anda simak di Primaindisoft. Dapatkan Membership gratis dengan mendaftar sebagai Membership Guru.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?