Yuk, Bantu Siswa Agar Sukses di UNBK 2019

Memasuki awal tahun, artinya semua siswa kelas akhir dari setiap jenjang sekolah seperti kelas 9 dan 12 akan semakin giat mempersiapkan diri menjelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dua bulan sejak saat ini adalah waktu yang singkat untuk memantapkan persiapan mereka. Wajar sekali banyak siswa yang stres, gelisah, tegang, panik, khawatir, dan takut menghadapinya. Dan tidak sedikit juga yang bersikap sebaliknya, seperti cuek, masa bodoh, tidak peduli, dan terlalu santai.

Akar dari permasalahan ini sebenarnya berhubungan dengan kesiapan mereka dalam menjawab berbagai kemungkinan soal di UNBK nanti. Semakin rendah tingkat kesiapan mereka, maka semakin tinggi tingkat kekhawatiran para siswa tersebut. Untuk itu penting sekali bagi para siswa kelas 9 dan 12 untuk belajar secara intensif, rutin mengerjakan soal secara pribadi, serta mengikuti tryout.

Namun, di balik berbagai usaha yang dilakukan siswa itu sendiri, ternyata peran guru juga penting dalam keberhasilan mereka di UNBK. Apa saja yang bisa dilakukan guru untuk membantu persiapan siswa kelas akhir menghadapi UNBK?

1. Memberikan Motivasi

Mendapatkan perhatian, semangat, dan dukungan dari orang lain adalah hal yang menyenangkan. Sebab itu, siswa yang mendapatkan dukungan dari para gurunya, biasanya akan lebih bersemangat dan lebih giat. Nah, salah satu bentuk motivasi yang bisa Bapak Ibu guru berikan kepada siswa kelas akhir adalah apresiasi dari hasil kerja mereka. Guru juga perlu meyakinkan setiap siswa bahwa mereka pasti mampu melalui UNBK dengan baik.

2. Berkoordinasi dengan Orangtua

Guru juga dapat bekerja sama dengan orangtua siswa dalam memperhatikan jam belajar, hal terkait kesehatan, dan masalah-masalah yang dihadapi siswa. Dengan adanya kerja sama yang baik antara orang tua, guru, dan siswa, semua permasalahan terkait persiapan UNBK setidaknya bisa lebih cepat diatasi.

3. Melatih Mental Siswa dengan Latihan Soal

Persiapan UNBK selalu berhubungan dengan seberapa siapkah mental para siswa. Agar mental siap, guru perlu rutin mengajak siswa untuk menyelesaikan berbagai macam soal. Baik itu menyelesaikan latihan soal secara pribadi atau pun mengikuti tryout di sekolah.

Selain mengikuti tryout konvensional yang dari dulu sudah dilakukan di sekolah atau pun di bimbingan belajar, kini guru juga bisa mengarahkan siswa untuk belajar mandiri lewat online tryout. Sesuai perkembangan teknologi, cara ini bisa membantu siswa untuk belajar lebih mudah di mana saja dan kapan saja.

Salah satu media belajar digital yang dapat digunakan guru dan siswa dalam persiapan UNBK ini adalah ALUN.

Apa itu ALUN?

ALUN adalah Aplikasi Latihan Ujian Nasional yang bisa diakses melalui website Primaindisoft. Konten ini khusus dibuat untuk membantu siswa kelas 9 dan kelas 12 IPA  maupun 12 IPS  menghadapi UNBK setiap tahunnya. Siswa dapat mengerjakan berbagai soal Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Biologi, Kimia dan Fisika dari tahun 2012 sampai tahun 2018.

 

 

Cara Menggunakan ALUN

Bagaimana cara siswa mengakses ALUN?

  1. Buka website Primaindisoft.com
  2. Pilih kanal ‘Latihan Soal’ di bagian atas
  3. Klik ‘Aplikasi Latihan Ujian Nasional’ di kolom paling kanan
  4. Lakukan pendaftaran dulu untuk membuka akun
  5. Pilih jenjang sekolahnya (SD, SMP, atau SMA)
  6. Pilih tahun soal yang ingin diatih
  7. Mulailah mengerjakan soal dalam rentang waktu yang sudah ditentukan

Nah, setelah semua soal telah dikerjakan, nilainya akan langsung ditampilkan. Sehingga kemampuan siswa bisa diukur setiap kali selesai mengerjakan soal. Siswa juga bisa mengerjakan latihan soal berkali-kali hingga hasilnya memuaskan.

Ketiga cara di atas, dapat menjadi jembatan bagi para siswa untuk mencapai kesuksesannya di UNBK 2019 nanti. Dan itu bisa dilakukan dengan bantuan Anda, guru sebagai pendamping sekaligus penyemangat para siswa. Apakah Anda siap melakukannya?

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?