3 Tips Mempersiapkan Anak Menghadapi Ujian Sekolah

Ayah Bunda, memasuki awal tahun, artinya anak yang duduk di kelas 6 sekolah dasar tentunya semakin giat mempersiapkan diri menjelang Ujian Sekolah (US). Sebab, waktunya tidak lama lagi, bukan? Wajar sekali banyak anak yang stres, gelisah, tegang, panik, khawatir, dan takut menghadapinya. Dan tidak sedikit juga yang bersikap sebaliknya, seperti cuek, masa bodoh, tidak peduli, dan terlalu santai.

Akar dari permasalahan ini sebenarnya berhubungan dengan kesiapan mereka dalam menjawab berbagai kemungkinan soal di US nanti. Semakin rendah tingkat kesiapan anak, maka semakin tinggi tingkat kekhawatiran mereka. Untuk itu penting sekali bagi anak untuk belajar secara intensif, rutin mengerjakan soal secara pribadi, serta mengikuti tryout, agar mental mereka benar-benar siap.

Namun, di balik berbagai usaha yang dilakukan anak itu sendiri, ternyata peran orangtua juga penting dalam keberhasilan mereka di US. Apa saja yang bisa dilakukan orangtua untuk mempersiapkan anak kelas akhir menghadapi US.

1. Memberikan Motivasi

Mendapatkan perhatian, semangat, dan dukungan dari orang lain adalah hal yang menyenangkan. Sebab itu, anak yang mendapatkan dukungan dari orangtua, biasanya akan lebih bersemangat dan lebih giat. Nah, salah satu bentuk motivasi yang bisa Ayah Bunda berikan kepada mereka adalah dengan memberikan apresiasi dari hasil kerja mereka. Orangtua juga perlu meyakinkan anak bahwa mereka pasti mampu melalui ujian sekolah dengan baik. Tidak perlu menekan mereka dengan kata-kata yang keras dan memerintah, sebaliknya rangkul dan dampingi anak untuk melewati waktu-waktu sulit mereka.

2. Berkoordinasi dengan Guru

Orangtua juga dapat bekerja sama dengan guru dalam memperhatikan sikap, kesulitan, dan masalah-masalah lain yang dihadapi anak di sekolah. Dengan adanya kerja sama yang baik antara orang tua, guru, dan siswa, semua permasalahan terkait persiapan US setidaknya bisa lebih cepat diatasi.

3. Mendampingi Anak Belajar

Persiapan US selalu berhubungan dengan seberapa siapkah mental anak untuk menghadapinya. Agar persiapan mereka maksimal, orangtua di rumah dapat membimbing mereka untuk menyelesaikan berbagai macam soal. Baik itu menyelesaikan latihan soal secara pribadi atau pun dalam mempersiapkan tryout di sekolah.

Nah, orangtua juga bisa mengarahkan anak untuk belajar mandiri lewat online tryout. Sesuai perkembangan teknologi di masa sekarang, cara ini bisa membantu anak untuk belajar lebih mudah di mana saja dan kapan saja.

Salah satu media belajar digital yang dapat digunakan anak dalam persiapan US ini adalah ALUN.

 

 

Apa itu ALUN?

ALUN adalah Aplikasi Latihan Ujian Nasional yang bisa diakses melalui website Primaindisoft. Konten ini khusus dibuat untuk membantu siswa kelas 6 menghadapi US setiap tahunnya. Anak dapat mengerjakan berbagai soal Bahasa Indonesia, matematika, dan IPA dari tahun 2012 sampai tahun 2018

Cara Menggunakan ALUN

Bagaimana caranya mengakses ALUN?

  1. Buka website Primaindisoft.com
  2. Pilih kanal ‘Latihan Soal’ di bagian atas
  3. Klik ‘Aplikasi Latihan Ujian Nasional’ di kolom paling kanan
  4. Lakukan pendaftaran dulu untuk membuka akun
  5. Pilih jenjang sekolahnya > SD
  6. Pilih tahun soal yang ingin diatih
  7. Mulailah mengerjakan soal dalam rentang waktu yang sudah ditentukan

Nah, setelah semua soal telah dikerjakan, nilainya akan langsung ditampilkan. Sehingga kemampuan anak bisa diukur setiap kali selesai mengerjakan soal. Mereka juga bisa mengerjakan latihan soal berkali-kali hingga hasilnya memuaskan.

Ketiga cara di atas dapat menjadi jembatan bagi anak untuk mencapai kesuksesannya di US 2019 nanti. Dan itu bisa dilakukan dengan bantuan Ayah Bunda, orangtua sebagai pendamping sekaligus penyemangat anak. Apakah Anda siap melakukannya?

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?