Memahami Rating Program yang Cocok untuk Si Kecil

Ketika menonton TV atau bioskop, di awal mungkin Ayah Bunda akan melihat rating seperti SU atau BO. Supaya Ayah Bunda dapat memilih tontonan dan game yang sesuai dengan usia dan tumbuh kembang si kecil, ada baiknya Ayah Bunda memahami perbedaan pada rating usia ini.

 

Rating Program di Indonesia

Di Indonesia, rating program TV dan film dibuat oleh Lembaga Sensor Film. Rating ini agak berbeda dengan rating program dari luar negeri. Rating ini dibagi ke dalam 5 peringkat, yaitu:

  • A / SU        = Anak / Semua Umur
  • BO / A        = Bimbingan Orangtua / Anak (batasan usia 4 s/d 7 tahun)
  • BO             = Bimbingan Orangtua (batasan usia 5 s/d 12 tahun)
  • BO – R/R = Bimbingan Orangtua – Remaja (batasan usia 13 s/d 16 tahun)
  • D               = Dewasa (batasan usia minimal 17 tahun)

 

Rating Program di Luar Negeri

Sementara itu, rating program di luar negeri dibuat oleh Classification and Rating Administration (CARA). Rating ini terbagi menjadi 5 dan memiliki sebutan yang berbeda.

  • G – General Audiences

Program ini boleh ditonton oleh semua usia. Artinya, program ini tidak mengandung kekerasan atau muatan lainnya yang tidak sesuai untuk anak-anak.

  • PG – Parental Guidance Suggested

Program ini berisi beberapa materi yang tidak sesuai untuk anak-anak. Untuk itu, anak-anak yang menonton membutuhkan pendampingan dari orang tua. Misalnya, ada penggunaan kata-kata kasar dalam program tersebut.

  • PG-13

Program ini sebaiknya ditonton oleh anak-anak remaja di atas usia 13 tahun. Meski mungkin remaja tidak perlu didampingi orang tua saat menontonnya, tetapi sebaiknya orang tua menilai terlebih dahulu apakah program ini boleh ditonton oleh anak mereka.

  • R – Restricted

Program dengan rating ini mewajibkan anak-anak di bawah usia 17 tahun untuk didampingi orang tua atau orang yang lebih dewasa saat menonton. Program ini mungkin berisi hal-hal yang perlu perhatian serius seperti kekerasan yang sadis atau penggunaan obat terlarang.

  • NC-17 – No One 17 dan Under Admitted

Program ini hanya cocok untuk penonton dewasa. Sebaiknya anak-anak di bawah usia 17 tahun sama sekali tidak menontonnya.

Dengan memahami rating program, maka Ayah Bunda dapat memberikan program yang sesuai dengan usia si kecil. Pastikan si kecil selalu mendapatkan program edukasi yang berkualitas seperti program TK A dan TK B dari Primaindisoft.

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?