Yuk, Ajak Anak Memaknai Hari Kesaktian Pancasila dengan Cara Berikut

Bangsa ini bisa berdiri tegak jika semua warga negaranya mau mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-harinya. Untuk itu, sebagai orang tua kita juga memiliki kewajiban untuk mengajarkan si kecil agar memiliki rasa cinta terhadap ideologi bangsa dan tanah air kelahirannya. Nah, bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung tanggal 1 Oktober nanti, ajak si kecil menghidupkan dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dengan beberapa cara berikut ini.

1. Ajak Anak Mengimplementasikan Sila-Sila Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Pancasila merupakan dasar negara dan ideologi bangsa yang harus dipegang teguh oleh setiap warga Indonesia, tidak terkecuali anak-anak. Namun, mengajarkan 5 sila Pancasila kepada anak kecil tentu bukanlah hal yang mudah.

Nah, salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar si kecil memahami nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila adalah dengan mengimplementasikan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dengan mengajarkan pengetahuan agama untuk menanamkan sila pertama, menumbuhkan karakter kemanusiaan yang merupakan nilai sila kedua dengan saling tolong menolong dan menghormati satu sama lain, melibatkan anak saat menentukan aturan keseharian sebagai perwujudan nilai permusyawarahan, dan lain sebagainya.

2. Menyanyikan Lagu-Lagu Perjuangan

Di usia anak Sekolah Dasar (SD), pesan dan nilai moral akan lebih mudah masuk melalui nyanyian. Untuk itu, daripada anak lebih fasih menyanyikan lagu-lagu orang dewasa, akan lebih baik jika Anda mengenalkan kepada mereka lagu-lagu Nasional seperti Indonesia Tanah Air Beta, Garuda Pancasila, Satu Nusa Satu Bangsa, dan lain sebagainya.

3. Bermain Permainan Tradisional

Terakhir, Anda juga bisa menumbuhkan pemahaman si kecil akan pancasila melalui permainan tradisional, contohnya ular-ularan dan gobak sodor. Melalui permainan tersebut, anak akan belajar bekerja sama dan saling kompak dengan anggota timnya. Selain itu, mereka juga akan belajar sportif, terutama saat timnya menjadi pihak yang kalah. Rasa kepedulian terhadap sesama juga bisa tumbuh lewat permainan ini ketika ada teman yang jatuh dan cedera.

Nah, itulah beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menumbuhkan nilai-nilai Pancasila kepada anak di Hari Kesaktian Pancasila nanti. Semoga bermanfaat!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?