Bunda, Ajak Si Kecil Memperingati Hari Habitat dengan Cara Sederhana Berikut Ini

Hari Habitat Sedunia merupakan hari yang selalu diperingati setiap tanggal 3 Oktober. Tujuan diperingatinya Hari Habitat ini adalah untuk merefleksikan keadaan kota dan mengingatkan dunia akan tanggung jawab bersama dalam menjaga keberlangsungan habitat manusia.

Meski mungkin anak-anak belum sepenuhnya paham dengan makna dari Hari Habitat, namun sebagai orang tua tentu memiliki kewajiban untuk mengajarkan kepada mereka bahwa lingkungan sekitar adalah hal yang harus kita jaga. Nah, bersamaan dengan Hari Habitat yang akan berlangsung beberapa minggu lagi, tidak ada salahnya apabila Bunda mengajak si kecil memaknai hari tersebut dengan beberapa cara sederhana berikut ini.

1. Membuang Sampah pada Tempatnya

Mengajarkan si kecil agar peduli dengan habitat atau lingkungan yang ada di sekitarnya bisa dimulai dengan mengajarkan mereka untuk membuang sampah pada tempatnya. Jika mereka sudah mulai terbiasa, ajarkan juga si kecil untuk memilah sampah basah dan sampah kering dengan menyediakan dua tempat sampah yang berbeda.

Nah, karena anak kecil selalu meniru orang lain, Anda sebaiknya juga memberikan contoh yang baik kepada mereka. Bukan hanya di rumah, tetapi juga ketika bepergian di luar rumah, misalnya saat ke tempat wisata, di angkutan umum, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya.

2. Menghindari Pemakaian Produk yang Tidak Ramah Lingkungan

Setelah mengajarkan si kecil untuk membuang sampah pada tempatnya, Anda juga bisa membiasakan mereka untuk menghindari pemakaian produk yang tidak ramah lingkungan. Sederhana saja, misalnya dengan membawa tumbler ketika bepergian, tidak menggunakan sedotan plastik, serta menggunakan tas belanja dari kain saat berbelanja.

3. Menanam Pohon

Mengajak si kecil menanam bersama bisa menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan di akhir pekan.  Setelah menanam pohon,  ajarkan mereka untuk merawat pohon yang sudah ditanam dengan cara menyiramnya setiap hari. Dengan melakukan hal ini, secara tidak langsung Anda juga mengajarkan si kecil untuk mencitai makhluk hidup lain serta lingkungan di sekitarnya.

4. Menggunakan Alat Transportasi Umum

Terlepas dari sarana dan infrastruktur yang masih belum memadai, sebenarnya ada cukup banyak manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan alat transportasi umum.  Selain dapat mengurangi kemacetan, menggunakan transportasi umum juga dapat membuat kita lebih sehat karena tubuh akan lebih banyak bergerak. Selama perjalanan, Anda bisa memperlihatkan akibat dari perilaku tidak mencintai lingkungan seperti sampah yang berserakan di pinggir jalan, sungai-sungai yang kotor dan penuh sampah, dan lain sebagainya.

Jadi, itulah cara sederhana yang bisa Bunda lakukan untuk mengajarkan si kecil akan pentingnya menjaga lingkungan dan memaknai Hari Habitat. Semoga bermanfaat!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?