5 Aktivitas Menarik bagi Anak TK A

Apa saja aktivitas menarik bagi anak TK A? Bagaimana supaya anak berminat mempelajari sesuatu dengan antusias dan bebas dari rasa bosan?

Sebelum memulai pendidikan di SD (Sekolah Dasar), anak dapat belajar lebih awal di TK (Taman Kanak-kanak). Jenjang pendidikan ini terbagi atas 2 tingkat, yaitu TK A dan TK B. Usia anak yang bersekolah di TK A adalah sekitar 4-5 tahun.

Selain belajar di sekolah, anak berusia TK A juga dapat belajar di rumah. Dalam hal ini, orangtualah yang berperan untuk membimbing. Lalu, apa saja aktivitas menarik yang bisa dilakukan orangtua bersama anak?

1. Mencocokkan Gambar

Anak dapat belajar untuk mencocokkan gambar dengan bantuan orangtua. Gunakanlah gambar orang-orang yang dikenalnya, seperti ayah, ibu, kakek, nenek, dan sebagainya.

Anda juga bisa menggunakan gambar benda yang biasa ditemui sehari-hari, seperti meja, kursi, lemari, dan sebagainya. Karena belum bisa membaca, bantulah anak menunjukkan letak gambar tersebut berdasarkan namanya.

2. Menghubungkan Titik

Aktivitas kedua yang bisa dilakukan bersama anak adalah menghubungkan titik-titik pada suatu pola gambar. Cara ini akan membantu membentuk struktur berpikir anak. Jika dihubungkan dengan tepat, titik-titik tersebut akan menciptakan suatu bentuk yang bisa dikenali. Selain itu, anak akan berlatih menggunakan jarinya dengan baik.

3. Mewarnai

Meskipun anak mungkin belum dapat menggunakan pensil warna dengan sempurna, kegiatan mewarnai bisa tetap dilakukan. Mewarnai akan melatih kemampuan anak untuk memadukan beberapa warna menjadi sebuah gambar utuh.

4. Menunjukkan Panca Indera

Mengenal panca indera adalah salah satu pengetahuan dasar yang perlu diketahui oleh anak. Pada usia ini, anak bisa mulai belajar untuk mengenal panca indera beserta fungsi dasarnya, yaitu mata, hidung, telinga, lidah, dan kulit. Caranya, mintalah anak untuk menunjukkan bagian-bagian panca indera pada tubuhnya. Setelah itu, ceritakan apa saja fungsi dan kegunaan bagian tersebut.

5. Belajar Mengingat

Anak yang berusia TK A juga dapat belajar untuk mengingat. Bentuk aktivitas ini bisa bermacam-macam, salah satunya mengingat bentuk bagian tubuh dan fungsinya. Anda juga bisa menggunakan perabot rumah tangga yang sehari-hari dilihat oleh anak.

Selain dapat melakukannya secara langsung, Anda juga bisa mengajak anak untuk melakukan 5 aktivitas ini menggunakan aplikasi berbasis web di Primaindisoft. Di sini, terdapat banyak konten permainan menarik yang cocok untuk anak TK A. Yuk, dicoba!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?