Waspadai 5 Masalah yang Dapat Muncul Saat Belajar

Gangguan yang sewaktu-waktu muncul dapat menghambat proses belajar. Yuk, kenali beberapa masalah belajar yang harus kamu waspadai.

 

Kalian pasti sering merasa tidak bersemangat saat belajar. Pikiran melayang-layang, konsentrasi pun buyar. Alhasil, performa di sekolah jadi menurun. Sebenarnya, gangguan saat belajar baik di rumah maupun sekolah, merupakan sesuatu yang lazim.

 

 

Karenanya, kamu perlu mengenali apa saja hal-hal yang patut diwaspadai agar dapat mengantisipasi munculnya gangguan saat belajar. Sebagai contoh, berikut beberapa bentuk masalah atau gangguan belajar yang harus kamu ketahui:

 

1. Strategi belajar yang salah

Menjelang ujian, banyak sekali siswa yang menerapkan sistem kebut semalam (SKS). Beban materi pelajaran yang banyak, belum lagi tugas yang menumpuk membuat siswa seakan-akan tak punya waktu untuk mengerjakan PR atau sekadar mengulang materi. Kalau kamu sering kewalahan, sudah saatnya mengubah sistem belajar yang salah ini.

 

2. Porsi tidur yang kurang

Normalnya, anak usia sekolah membutuhkan waktu tidur 6-7 jam. Karena kebiasaan bergadang, porsi dan kualitas tidur pun jadi berkurang. Selain itu, kebiasaan mengecek ponsel menjelang tidur juga turut berkontribusi dalam menurunkan kualitas tidur.

 

3. Terlalu banyak makan sebelum belajar

Porsi makan yang terlalu banyak bikin kita jadi lebih mudah mengantuk. Selain porsi, kandungan gula dan karbohidrat yang terlalu tinggi dalam makanan juga turut berperan meningkatkan rasa kantuk, lho. Biar tidak mudah mengantuk, cek lagi menu sarapan atau makan siang kamu, ya.

 

4. Tidak menyukai mata pelajaran tertentu

Kalau sudah telanjur tidak menyukai satu mata pelajaran, belajar pun jadi malas. Coba cek lagi, mungkin cara penyampaian guru di sekolah tidak sesuai dengan kebutuhan kamu. Sebelum bilang benci pada mata pelajaran, tidak ada salahnya untuk mencoba metode belajar lain, misalnya belajar kelompok, biar proses belajar pun jadi lebih nyaman. Atau kamu bisa belajar online melalui media belajar digital seperti Primaindisoft yang menyediakan materi belajar interaktif agar llebih mudah dipahami.

 

5. Rasa suntuk

Harus diakui, rasa bosan pasti sering muncul saat belajar. Saat suntuk datang, tidak ada salahnya untuk mengganti media belajar yang selama ini kamu anggap membosankan. Misalnya, ganti textbook dengan video pembelajaran menarik yang disampaikan tutor-tutor muda. Dijamin, belajar jadi lebih semangat.

Nah, itu dia beberapa masalah umum yang sering muncul saat belajar. Jika kamu mengalami masalah di atas, ubah sedikit demi sedikit kebiasaan yang sering memicu masalah belajar. Bila perlu, konsultasi dengan guru BK di sekolah atau orang tua kamu, ya.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?