Yuk, Ajak Anak Berkontribusi Menciptakan Lingkungan Bersih dan Sehat

Anak perlu dikenalkan pada konsep cinta lingkungan sedari dini. Kira-kira, bagaimana cara seru mengajak anak bersemangat menciptakan lingkungan bersih dan sehat?

 

Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Kita pasti familier dengan pepatah tersebut, bukan? Anak pun harus dikenalkan konsep kebersihan dan cinta lingkungan agar tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan. Nah, sudahkah Anda mengajak anak untuk berpartisipasi dalam menjaga lingkungan?

 

 

Dimulai dengan menanamkan pemahaman seputar kesehatan dan kebersihan secara beriringan, Anda dapat mulai melatih anak untuk berkontribusi dalam menciptakan lingkungan bersih dan sehat. Kira-kira, apa saja cara asyik untuk menanamkan rasa cinta anak pada lingkungan?

  • Ajak anak untuk lebih sering bermain di luar

Sesekali, ajak anak untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya, misalnya jalan-jalan keliling kompleks, bermain bersama teman sebaya, berolahraga, atau sekadar berkeliling taman. Anak-anak dapat melihat langsung bagaimana kondisi lingkungannya. Orang tua pun dapat memberikan pemahaman seputar fenomena alam serta bagaimana cara kita berpartisipasi dalam menjaga lingkungan tetap sehat.

Tunjukkan lingkungan bersih dan kotor lalu tanyakan anak mana yang kira-kira cocok sebagai tempat tinggal atau bermain. Berikan pula contoh kecil menjaga kebersihan pada anak, seperti membuang sampah pada tempatnya atau membersihkan rumput liar yang tumbuh di halaman rumah.

  • Libatkan anak di kegiatan membersihkan rumah sehari-hari

Latih anak untuk ikut membersihkan kamarnya sendiri. Anda juga dapat mengajak anak mengerjakan pekerjaan sehari-hari seperti menyapu, menyiram tanaman, atau menyuci gelas. Jangan lupa dampingi anak, ya, dalam menjalankan tugasnya.

  • Bercocok tanam, kegiatan seru untuk menanamkan cinta lingkungan pada anak

Tak ada salahnya mengajak anak main kotor-kotoran dengan bercocok tanam. Melalui kegiatan ini, anak dapat mengenal aneka tumbuhan, melatih kemampuan motorik lewat kegiatan menggali dan menanam, serta mengajarkan serunya mengamati pertumbuhan setiap tanaman. Bila perlu, ajak anak ke daerah agrowisata agar lebih memahami peran tumbuhan terhadap kelestarian alam. Jangan takut kotor, berani kotor itu baik, bukan?

  • Bermain gim interaktif

Bagi siswa usia awal sekolah dasar, gim bisa menjadi sarana belajar yang efektif. Untungnya, saat ini sudah banyak gim edukatif yang mampu mengenalkan anak pada konsep lingkungan bersih dan sehat. Sebut saja, gim dengan tema bercocok tanam seperti Story of Season, atau mencocokkan puzzle yang berisi gambar-gambar alam ala Eco Match.

Aplikasi belajar masa kini pun dilengkapi beragam permainan menarik serta mind map untuk mengajarkan anak pentingnya menjaga lingkugan tetap bersih. Primaindisoft turut menyajikan materi pelajaran yang berkaitan dengan lingkungan hidup dengan presentase menarik agar aktivitas belajar anak lebih seru dan tidak membosankan. Jangan lupa daftar, ya, untuk mengakses seluruh konten edukasinya!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?