Ini 7 Rumus Dasar Microsoft Excel yang Wajib Diketahui

Kata siapa Excel sulit dipelajari? Dengan menguasai rumus dasar yang sering digunakan, Anda dapat lebih mahir mengoperasikan Microsoft Excel.

 

Perangkat Microsoft Excel paling diandalkan dalam mengolah data. Bahkan, dalam pembuatan grafik atau diagram, performa Excel pun tak kalah mumpuni. Dilihat dari fungsinya, Excel tentu dapat memudahkan pekerjaan sehari-hari di kantor, terutama jika berkaitan dengan pengolahan data. Namun, mungkin masih banyak di antara kita yang masih bingung saat harus dihadapkan dengan formula atau rumus saat mengoperasikannya.

 

 

Tenang, tak perlu takut kesulitan saat belajar mengoperasikan Excel. Pastikan Anda menguasai 7 formula dasar berikut sebagai modal awal belajar Excel:

 

  1. SUM

SUM berfungsi menjumlahkan nilai data pada baris atau kolom spreadhseet Excel. Rumusnya: =SUM(number1, number2, …). Contoh, untuk menjumlahkan kolom C2-C7 serta D2-D7, Anda hanya perlu menuliskan formula =SUM(C2:C7, D2:D7) pada kolom target. Mudah, bukan?

  1. AVERAGE

Penghitungan nilai rata-rata suatu data dapat diperoleh dengan formula =AVERAGE(number1, number2…). Ketik formula pada kolom target, lalu tuliskan nama kolom atau baris untuk dijumlahkan. Hasilnya akan langsung muncul dalam hitungan detik.

  1. COUNT

Menghitung jumlah data pun dapat dengan mudah dilakukan dengan Excel. Untuk menghitung banyaknya data pada kumpulan tertentu, ketikkan formula =COUNT(number 1, number 2…) atau range data yang ingin dihitung. Misal, jika ingin menghitung jumlah data di kolom B2:B10, formula yang diketik adalah =COUNT(B2:B10) lalu tekan Enter.

  1. MAX

Hitung nilai maksimum pada range data dengan menggunakan formula =MAX. Contohnya, Anda ingin mencari tahu nilai ujian tertinggi dari baris C4-C11, maka formulanya adalah =MAX(C4:C11).

  1. MIN

Kebalikan dari fungsi MAX, MIN digunakan untuk mencari nilai terendah. Masih dengan contoh yang sama seperti di atas, cukup ganti formula =MAX dengan =MIN untuk range data yang sama. Hasil nilai terendah pun akan langsung ditampilkan.

  1. IF

Fungsi logika satu ini juga paling sering digunakan di dunia kerja maupun akademik. IF dapat digunakan untuk menghitung nilai sesuai deskripsi yang diberikan. Misalnya, jika Anda menetapkan target penjualan senilai Rp10.000.000 untuk setiap karyawan, maka karyawan yang tidak berhasil memenuhi target tersebut dianggap gagal.

  1. VLOOKUP dan HLOOKUP

VLOOKUP berfungsi membandingkan data pada kolom vertikal dengan acuan data di kolom paling kiri. Sebaliknya, perbandingan data menggunakan fungsi HLOOKUP dilakukan secara horizontal dengan patokan data paling atas.

Itulah 7 rumus dasar Excel yang paling sering digunakan. Perdalam pengetahuan seputar Microsoft Excel dengan menyimak tutorial Excel lengkap dari Primaindisoft. Tutorial dan penjelasan disajikan dengan menarik sehingga lebih mudah dimengerti. Yuk, latih kemampuan mengoperasikan Excel agar pekerjaan jadi lebih mudah!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?