Wajib Tahu, Ini 4 Fakta Unik Seputar Pernapasan Manusia

Sistem pernapasan merupakan salah satu sistem penting dalam tubuh kita. Berikut 4 fakta unik pernapasan manusia yang wajib kamu tahu.

Sistem pernapasan manusia memainkan peranan penting dalam tubuh. Tanpa pernapasan yang prima, kamu akan sulit menjalani aktivitas sehari-hari. Sistem pernapasan berfungsi sebagai penyedia pasokan oksigen, sehingga semua fungsi tubuh dapat bekerja maksimal.

Penasaran bagaimana kerja sistem pernapasan? Yuk, simak 4 fakta unik pernapasan manusia yang wajib kamu tahu.

Sirkulasi sistem pernapasan dikenal mulai abad ke-13

Tahukah kamu? Ibnu al Nafis, seorang dokter asal Arab menuliskan sirkulasi dalam sistem pernapasan pertama kali pada abad ke-13, persisnya tahun 1243. Pada buku berjudul “Commentary on Anatomy in Avicenna’s Canon,” Ibnu al Nafis menjelaskan bagaimana kerja sistem pernapasan. Jantung memompa darah ke paru-paru dan kembali ke jantung. Aliran darah ini memastikan jantung terisi oksigen yang dibawa darah dari paru-paru.

Frekuensi bernapas manusia berbeda-beda

Berapa sih frekuensi bernapas manusia per menit? Ternyata jawabannya bisa berbeda-beda sesuai aktivitas fisik dan usia orang tersebut. Bayi baru lahir bernapas lebih banyak daripada orang dewasa, sekitar 40 kali per menit. Namun, frekuensi ini bisa menurun hingga 20-40 kali per menit saat tidur. Sedangkan orang dewasa bernapas 12-16 kali per menit dalam kondisi istirahat, tetapi bisa meningkat hingga 45 kali per menit saat beraktivitas fisik yang berat.

Paru-paru satu-satunya organ tubuh yang bisa mengapung

Ada sekitar 300 juta aveoli mengisi paru-paru manusia. Struktur menyerupai balon ini berfungsi memasukkan oksigen sebagai pengganti limbah karbon dioksida dalam darah. Saat aveoli berisi udara, membuat paru-paru menjadi satu-satunya organ tubuh manusia yang bisa mengapung di atas air.

Asma penyebab kematian ke-13 tertinggi di Indonesia

Asma termasuk salah satu kelainan dan gangguan pernapasan manusia yang bisa berujung pada kematian jika tidak ditangani secara cermat. Data World Health Organization (WHO) tahun 2014 menyatakan, penyebab kematian ke-13 tertinggi di Indonesia adalah asma. Penyakit radang paru-paru kronis ini membuat penyempitan saluran udara, sehingga asupan udara ke paru-paru terhambat. Pemicunya bisa beragam, seperti paparan udara dingin, infeksi bakteri atau virus, hingga asap rokok dan debu.

Demikian 4 fakta unik pernapasan manusia yang wajib kamu ketahui. Kamu bisa mempelajari berbagai materi IPA tingkat SMP dengan cara menyenangkan melalui Primaindisoft. Berkat tampilan visual dan audio menarik, memahami pelajaran sulit terasa lebih mudah dan sesi belajarmu lebih menyenangkan. Ayo, coba sekarang juga!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?