Serba-Serbi Learning Management System, Pentingkah dalam Proses Belajar di Sekolah?

Apa itu LMS dan seperti apa manfaatnya bagi proses belajar di sekolah? Berikut penjelasannya

Di era global seperti sekarang, semuanya seolah bisa dilakukan secara praktis dan canggih. Tak terkecuali dalam proses belajar mengajar. Kehadiran Learning Management System memungkinkan para guru dan muridnya tetap berinteraksi sekalipun berada di luar kelas. Seperti apa itu LSM dan manfaatnya untuk sekolah, berikut penjelasannya.

Apa Itu LMS?

Learning Management System (LMS) merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang membantu kegiatan belajar dalam dilakukan dalam basis elektronik (e-learning). Secara sederhana LMS bisa diartikan sebagai kelas online yang memungkinkan sang guru membuat soal, memberikan tes, dan menilai hasilnya secara online. Sementara si murid bisa mengakses soal, mengerjakan soal, dan melihat hasilnya secara online. Dengan kata lain, LMS memungkinkan guru untuk mengajar tanpa perlu tatap muka.

Manfaat LMS untuk Sekolah

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan ketika menerapkan LMS dalam proses belajar mengajar di sekolah, di antaranya adalah:

  1. Materi yang disampaikan oleh guru dapat diunggah secara online dan dibagikan kepada murid. Sehingga bagi murid yang tidak paham, mereka bisa mengulang kembali materi yang menurutnya sulit.
  2. Apabila guru berhalangan hadir di tempat, maka proses belajar tetap bisa berlangsung karena materi bisa didistribusikan lewat LMS.
  3. Bagi murid, keberadaan LMS memudahkan mereka untuk belajar kapan dan di mana saja asalkan ada internet.
  4. Bila ada tugas yang harus dikumpulkan, tetapi murid berhalangan hadir, mereka tetap bisa mengumpulkan tugas tepat waktu dengan cara mengunggahnya secara online lewat LMS.

Jenis-Jenis LSM

Saat ini sudah banyak aplikasi LMS yang bisa Anda gunakan untuk membantu proses belajar mengajar secara praktis. Salah satu aplikasi LMS yang paling populer adalah Google Classroom.

Kehadiran Google Classroom memungkinkan para pendidik dan peserta didik untuk tetap terhubung saat berada di dalam kelas maupun di luar kelas. Alhasil, pembuatan, pendistribusian, dan penilaian tugas bisa dilakukan secara sederhana dan irit kertas.

Itulah serba-serbi mengenai apa itu LMS, manfaat LMS untuk sekolah, dan jenis-jenis LMS. Selain LMS, keberadaan situs belajar online seperti Primaindisoft juga bisa membantu meningkatkan proses belajar siswa.

Buat Anda yang belum tahu tentang Learning Management System, semoga informasi di atas bisa membantu.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?