4 Tips Memaksimalkan Media Sosial dalam Proses Pembelajaran

Kamu memang perlu waspada pada bahaya media sosial, tetapi platform ini punya manfaat untuk proses pembelajaran. Begini tips untuk memaksimalkannya.

Bahaya media sosial mengintai jika kamu tidak menggunakannya secara cermat. Bukan hanya menyebabkan kamu “kecanduan”, tetapi juga bisa membuat interaksimu dengan orang-orang di sekitar terganggu. Belum lagi isu cyber bullying, terpapar pornografi, dan gangguan perkembangan fisik.  Namun, jangan sampai ini membuatmu lupa pada sisi positif media sosial.

Sebagai pelajar, kamu bisa memanfaatkan platform ini dalam kegiatan belajar mengajar. Yuk, simak 4 tips memaksimalkan media sosial untuk belajar berikut ini.

Optimalkan fitur-fitur yang dimiliki media sosial

Seperti kamu tahu, masing-masing media sosial mempunyai berbagai fitur menarik. Misalnya, di Twitter kamu bisa memakai fitur Q & A untuk mendapat informasi tambahan atau tips dan trik tertentu. Facebook Group memudahkan kamu sharing informasi dan berdiskusi. Sedangkan Pinterest bisa kamu pakai untuk mencari inspirasi proyek do it yourself.

Ciptakan ruang diskusi yang interaktif

Saat ini hampir semua platform media sosial menawarkan wadah untuk berdiskusi. Pakai media sosial untuk menciptakan ruang diskusi yang interaktif, baik secara tulisan, lisan (audio), maupun melibatkan audio visual (video). Belajar kelompok melalui fitur conference call di Skype, Google Duo, atau Whatsapp tentu bisa menghemat waktu dan tenagamu, berdiskusi tanpa dibatasi tempat dan waktu.  

Simpan materi pembelajaran lebih rapi

Media sosial juga membantumu menyimpan materi pembelajaran lebih rapi. Data yang tersimpan bisa kamu bagikan dengan mudah kepada teman-teman, sehingga semua orang memperoleh informasi akurat dan tepat. Pakai aplikasi penyimpanan berbasis cloud seperti Google Drive atau Dropbox guna mengorganisir file tugas atau materi pembelajaran.

Kolaborasi mudah lewat media sosial

Berkat media sosial, kamu bisa lebih mudah berkolaborasi dalam pengerjaan tugas kelompok. Kamu dapat mengirim dan mengunggah berbagai jenis dokumen, mulai dari video, voice note, gambar, infografis, dan data lainnya. Mengedit file juga lebih mudah melalui aplikasi seperti Google Docs, misalnya. Adanya notifikasi membuat kamu bisa tetap up to date, sehingga bisa memperbarui dokumen lebih cepat.

Itulah 4 tips memaksimalkan media sosial untuk belajar yang bisa kamu praktikkan di rumah. Selain media sosial, kamu juga bisa mengajak teman-teman mengakses Primaindisoft. Terdapat berbagai fitur pembelajaran yang menawarkan video, game belajar interaktif, e-comic, dan latihan soal lengkap dengan pembahasannya. Dengan materi lengkap dan menarik, tentu membuat waktu belajarmu lebih asyik kan? Coba sekarang, yuk!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?