UNBK Semakin Dekat? Berikut 3 Tips Jitu untuk Mempersiapkan Diri

Ujian nasional sebentar lagi tiba! Kira-kira hal apa saja nih yang sudah kamu persiapkan? Tak perlu cemas, agar performa tetap terjaga, ada beberapa tips jitu yang bisa kamu lakukan supaya sukses mengerjakan soal UNBK. Apa saja? Coba simak penjelasan berikut ini, yuk.

 

1. Pelajari Kisi-Kisi Soal UNBK dari BNSP

Cara paling ampuh untuk mempersiapkan diri menjelang ujian nasional yang semakin dekat adalah dengan rutin mengerjakan soal-soal latihan. Dari soal-soal latihan itu, kamu pun akan terbiasa mengerjakannya hingga mampu memprediksi kira-kira materi apa saja yang akan muncul di soal UNBK nanti.

Biar lebih terarah, kamu juga bisa cari tahu kisi-kisi soal ujian nasional dari tahun ke tahun yang dikeluarkan oleh BNSP. Melalui kisi-kisi tersebut, kamu bakal tahu apa saja yang menjadi standar kompetensi lulusan (SKL). So, belajar jadi lebih efektif, deh!

 

2. Belajar dengan Tekun, Terutama pada Mata Pelajaran yang Menurut Kamu Susah

Oh iya, kalau ada mata pelajaran yang tidak kamu kuasai, artinya kamu harus belajar dengan tekun pada mata pelajaran tersebut. Katakanlah, bahasa inggris menjadi mata pelajaran tersulit. Agar bisa menjawab soal-soal UNBK bahasa inggris nanti, kemampuan dasar yang perlu kamu miliki adalah memiliki banyak kosakata dan memahami grammar dengan baik. Salah satu tips agar kosakata bahasa inggris kamu bertambah adalah dengan sering membaca bacaan berbahasa inggris.

Sementara kalau kamu merasa lemah pada mata pelajaran yang berbasis menghitung, kamu bisa mencari trik-trik atau cara cepat mengerjakan soal matematika, fisika, atau kimia. Bila masih kesulitan, memanggil tutor belajar juga bisa dilakukan kok.

 

3. Temukan Solusi Belajar yang Solutif

Apabila tanggal ujian semakin dekat, maka kamu harus bisa membagi waktu dengan baik. Kalau mendatangkan tutor belajar cukup merepotkan, kamu bisa memanfaatkan situs belajar online masa kini seperti Primaindisoft.com. Tak hanya menyediakan konten materi pelajaran yang beragam, Primaindisoft juga menyediakan banyak soal-soal tryout melalui Aplikasi Latihan Ujian Nasional yang bisa kamu gunakan untuk berlatih.

Untuk bisa mengakses soal tryout Primaindisoft, kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Cara melakukannya pun cukup mudah, tinggal mengisi nama, telepon, e-mail, username, password, dan nama sekolah. Setelah itu, barulah kamu bisa mulai mengerjakan latihan soal sesuai materi pelajaran yang sudah dipilih.

 

Itulah 3 tips jitu untuk kamu yang akan menghadapi ujian nasional. Supaya ujian berjalan dengan lancar jangan lupa berdoa dan minta restu dari ke dua orang tua, ya. Semoga sukses!

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?