5 Trik Mendapatkan Nilai Terbaik saat Try Out UNBK SMP

Apakah kamu sudah siap mengikuti try out UNBK SMP? Meskipun hanya simulasi, try out UNBK merupakan standar kemampuanmu dalam menghadapi UNBK kelak. Di samping itu, hasil try out bisa dijadikan bahan evaluasi belajar agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Bagaimana cara mendapatkan nilai terbaik saat try out SMP? Simak tips-tipsnya berikut ini.

1. Latihan Soal

Tips pertama; perbanyak latihan soal. Cobalah memulai dari mengerjakan soal simulasi UNBK yang terbaru. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengakses lewat web atau aplikasi latihan UNBK.

Selain menggunakan simulasi UNBK terbaru, kerjakan juga latihan soal tahun-tahun sebelumnya. Minimal, kamu mendapatkan soal 5 tahun terakhir. Biasanya, kisi-kisi UNBK tahun terbaru tidak jauh dari soal-soal tersebut.

2. Membaca Buku Pelajaran

Kamu enggan membaca buku pelajaran? Mulai sekarang, kebiasaan itu harus diubah. Pasalnya, materi UNBK diambil dari mata pelajaran selama tiga tahun duduk di bangku SMP.

3. Memahami Kisi-Kisi UNBK

Sebelum UNBK, pemerintah mengeluarkan kisi-kisi materi yang akan digunakan dalam soal ujian. Jika kamu ingin sukses try out UNBK, analisis dan pahami kisi-kisi tersebut secara mendalam. Jangan malu bertanya kepada gurumu ketika ada materi yang tidak dimengerti.

4. Temukan Gaya Belajar yang Nyaman

Tiap orang memiliki gaya belajar berbeda. Gaya belajar menentukan konsentrasi dan daya serap otak terhadap materi yang dipelajari. Karena itu, kamu harus menemukan strategi terbaik dalam memahami teori pelajaran. Misalnya, belajar di tempat yang sunyi, sambil mendengarkan musik, atau dengan membaca buku tebal.

5. Ikut Les Privat atau Bimbingan Belajar

Menjelang UNBK, umumnya lembaga bimbingan belajar (bimbel) membuka program khusus. Jika kamu tipe yang suka belajar kelompok, bimbel bisa menjadi pilihan tepat. Selama bimbel, kamu akan mempelajari berbagai variasi soal dan mendapatkan materi dari tutor terbaik.

Sebaliknya, kalau kamu hanya bisa berkonsentrasi dalam situasi sepi, pilihlah les privat. Mengenai materi, relatif sama dengan lembaga bimbel. Bedanya, les privat dilakukan di rumahmu atau rumah tutor. Di samping itu, peserta les privat biasanya tidak lebih dari dua orang.

 

Nah, itulah trik menghadapi try out UNBK SMP agar kamu bisa mendapatkan nilai terbaik. Untuk mendukung aktivitas belajarmu, jangan lupa mengunduh dan memasang Aplikasi Latihan Ujian Nasional di primaindisoft.com.

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?