Fakta di Balik ‘Mudah Lapar Saat Hujan’

Saat hujan turun, apakah sering merasa tiba-tiba lapar? Padahal sejam yang lalu baru saja makan dan kenyang. Kenapa bisa begitu, ya?

Ternyata peristiwa ini tidak terjadi begitu saja tanpa sebab. Karena para ahli berhasil menemukan kaitan antara kondisi hujan yang turun dengan nafsu makan atau rasa lapar yang timbul.

 

Meningkatkan Panas Tubuh

Menurut dokter lulusan Universitas Indonesia, Sara Elise Wijono, adalah karena ketika hujan turun, suhu udara otomatis menurun dan menjadi dingin. Sehingga menyebabkan suhu tubuh ikut menurun, menyesuaikan dengan suhu di sekitar. Mengatasi hal ini, tubuh secara alami akan mencari cara untuk meningkatkan panas. Salah satunya adalah dengan makan.

Makanan yang kita konsumsi, maka akan diubah menjadi sumber energy. Nah, energi tersebut yang digunakan kembali oleh tubuh untuk melakukan berbagai pekerjaan. Misalnya, dipakai untuk menaikkan suhu tubuh kita yang sempat menurun karena suhu dingin.

 

Jumlah Hormon Serotonin Berkurang

Penyebab lainnya menurut Judith Wartman, seorang pakar dari Massachusetts Institute of Technology di Amerika Serikat, rasa lapar saat hujan disebabkan karena tubuh kurang mendapatkan paparan sinar matahari. Ini membuat hormon serotonin tubuh yang biasanya bertugas mengendalikan nafsu makan, kebiasaan tidur, dan suasana hati, menjadi menurun jumlahnya. Akibatnya, saat hujan, tubuh mengeluarkan sinyal agar menambah kebutuhan karbohidrat, yaitu zat yang bisa membantu meningkatkan jumlah serotonin kembali.

 

Efek Lonjakan Serotonin Hanya Sementara

Masalahnya, rasa lapar saat hujan akan sering terulang karena efek lonjakan serotoninnya hanya berlangsung sementara. Akibatnya kita akan mengulangi keinginan untuk makan terus-menerus. Untuk menghindari efek yang tidak baik bagi tubuh, para pakar kesehatan menyarankan supaya kita tetap mengonsumsi makan makanan yang sehat, yang mengandung karbohidrat, vitamin, dan mineral. Tidak hanya itu, makanan yang kaya akan serat juga baik untuk mempertahankan panas tubuh lebih lama. Makanan sehat ini juga bisa membuat kesehatan tubuh kita tetap terjaga saat musim hujan.

Nah, sekarang sudah tahu, kan, penyebab rasa lapar yang sering muncul saat hujan?

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?