Trik Memberikan Semangat Belajar agar Siswa Mau Berusaha Keras

Memberikan semangat pada siswa sebelum ujian akan membuat mereka mau bekerja keras dan berusaha sekuat tenaga.

 

Salah satu momen paling menakutkan di sekolah yang sering dialami oleh murid adalah ujian. Entah itu ujian rutin per bab, ujian tengah semester, ujian akhir semester, hingga ujian kenaikan kelas, dan kelulusan. Anak-anak selalu khawatir dengan pemahamannya pada pelajaran tertentu dan takut tidak bisa mengerjakannya.

Hal-hal seperti ini lumrah terjadi sejak dulu kala. Sayangnya tidak semua ketakutan yang dialami siswa dapat dihilangkan oleh guru saja. Banyak yang tidak acuh sehingga anak mengalami penurunan rasa percaya diri. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan oleh guru untuk membuat peserta didiknya mau bekerja keras.

1. Selalu Mengajak Belajar Bersama

Penyebab utama anak sering ragu dan tidak percaya diri saat akan melakukan ujian adalah mereka sering kebingungan. Ada banyak materi yang tidak dipahami dan mau bertanya pada guru mereka takut dan sungkan.

Kalau Anda mengajar mata pelajaran tertentu yang sulit, misal Matematika, sempatkan melakukan kegiatan belajar bersama selama 30 menit. Minta anak untuk mengungkapkan apa saja yang tidak mereka pahami untuk dibahas kembali dan dijelaskan dengan cara sederhana.

2. Mengingatkan Anak agar Belajar Jauh-Jauh Hari

Selalu ingatkan anak untuk belajar sejak jauh-jauh hari. Kalau Anda bertindak sebagai wali kelas, ingatkan setiap masuk ke kelas. Beberapa kelas kadang memiliki grup percakapan, dari sana Anda bisa mengingatkan dan memberi beberapa tips.

3. Menyarankan Anak Terus Melakukan Latihan

Percuma membaca materi kalau tidak dipraktikkan. Anda bisa memberikan saran pada anak untuk mau mengerjakan latihan soal. Anda bisa menggunakan soal dari tahun sebelumnya atau soal interaktif di primaindisoft.com.

4. Sesekali Melakukan Hal Seru Bersama

Sesekali lakukan kegiatan seru bersama khususnya sebelum ujian agar anak merasa lebih santai. Anda bisa mengajak mereka untuk melihat film edukatif atau makan bersama di kantin sambil melakukan permainan yang mengasyikkan.

Demikian beberapa ulasan tentang cara memberikan semangat belajar pada anak yang mau ujian. Semoga bisa Anda aplikasikan pada peserta didik sehingga mereka mau bekerja keras.

 

 

Komentar