Tips Menyiapkan Anak untuk USBN SD agar Hasilnya Maksimal

Menghadapi USBN SD kerap membuat anak jadi khawatir, sehingga orang tua perlu mendukung mereka agar bisa mempersiapkan diri dengan baik.

 

Jika Anda memiliki anak yang duduk di bangku kelas 6 SD, itu artinya sebentar lagi mereka akan menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Sebagai orang tua, tentunya Anda perlu mendukung mereka agar bisa mempersiapkan diri dengan baik, dari segi mental dan kesiapan mereka dalam mengerjakan berbagai soal. Namun, Anda mungkin bingung apa saja yang harus dilakukan untuk membantu mereka menghadapi USBN . Nah, untuk menjawab kebingungan ini, berikut beberapa tips yang mungkin bisa Anda lakukan.

 

 

1. Tanyakan Masalah yang Dimiliki Anak

Setiap anak memiliki masalah sendiri-sendiri yang berkaitan dengan pelajaran atau masalah yang terjadi di sekolah. Masalah ini bisa mengganggu anak belajar sehingga orang tua harus bisa segera mengatasinya.

Tanyakan pada anak masalah apa pun yang terjadi dan kemungkinan membuat mereka jadi tidak semangat. Kalau masalahnya karena materi mata pelajaran tertentu, Anda bisa berusaha mengajari mereka sendiri atau kalau tidak mampu bisa memanggil guru les.

2. Memanggil Guru Les untuk Memantapkan Materi

Sebelum memanggil guru les, tanyakan pada anak apakah mereka memang membutuhkannya atau tidak. Kalau memang membutuhkannya, minta pada anak untuk memilih sendiri siapa guru les yang bisa mengajari mereka belajar. Biasa anak-anak lebih nyaman diajari oleh mereka yang jenis kelaminnya sama.

Les tambahan ini sebisa mungkin dilakukan di rumah akan berjalan dengan lancar. Kalau ikut les di luar bisa jadi anak tidak serius dan kesiapan mereka untuk ujian jadi sedikit meragukan.

3. Menggunakan Promo ALUN untuk TRYOUT USBN SD

Selain menggunakan guru les, Anda juga bisa menggunakan platform belajar interaktif seperti primaindisoft.com. Di portal ini sedang ada Promo ALUN untuk TRYOUT USBN SD. Anak-anak bisa mengejakan soal dengan simulasi yang mirip sekali dengan ujian nasional.

Dengan metode pembelajaran ini anak tidak akan grogi lagi kalau menghadapi ujian nasional yang sesungguhnya. Bahkan, kesempatan mendapatkan nilai baik terbuka lebar.

Semoga tips menyiapkan anak untuk USBN SD di atas bisa Anda gunakan dengan baik dan anak menjadi lebih siap menghadapi ujian.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?