Menyiapkan Mental dan Kemampuan Akademis dengan Tryout UNBK SMP

 

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) adalah hal yang dinantikan sekaligus hal yang dikhawatirkan oleh semua anak SMP. Kalau persiapan ujian dilakukan dengan baik, ujian mungkin bisa berjalan lancar. Namun, kalau persiapannya tidak maksimal, nilai buruk bisa didapatkan. Bahkan ada kemungkinan tidak bisa lulus dengan mudah.

Persiapan ujian nasional harus dilakukan pada kemampuan akademis dan mental. Mengapa harus keduanya? Karena kemampuan akademis akan menjadi sia-sia jika mental kamu lemah, pelajaran yang sudah kamu kuasai akan sirna seketika jika masih memiliki ketakutan dan kekhawatiran. Nah, untuk mengatasinya, berikut beberapa cara menyiapkan diri menghadapi UNBK SMP.

1. Memastikan Pemahaman Materi dengan Mengerjakan Soal Latihan

Pastikan kamu menguasai materi setiap mata pelajaran yang akan diujikan pada UNBK. Latihan ini dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan yang dimiliki. Kalau nilai yang didapatkan sudah berada di atas 85, pemahaman sudah baik dan bisa ditingkatkan dengan latihan lanjutan khususnya drill soal.

2. Lakukan Sesi Belajar Bersama dan Tanya Jawab

Lakukan sesi tanya jawab dengan guru mata pelajaran tertentu, untuk materi yang terbilang susah. Dengan melakukan tanya jawab ini, kesulitan materi pelajaran dapat terselesaikan dan akhirnya kamu bisa mengerti.

Selain dengan guru, tanya jawab dan mengerjakan soal bersama juga bisa dilakukan dengan teman sebaya yang memiliki kemampuan berbeda-beda. Saling mengajari satu dengan yang lain akan mempermudah anak SMP memahami materi ketimbang membaca buku.

3. Mengerjakan Latihan Soal Simulasi

Lakukan latihan soal dengan simulasi langsung. Simulasi akan membuat anak SMP lebih siap menghadapi ujian. Apalagi soal yang dikerjakan juga dibatasi waktu.

Cara terbaik untuk ikut melakukan simulasi atau tryout ujian adalah memanfaatkan Aplikasi Latihan Ujian Nasional (ALUN) untuk TRYOUT UN SMP di primaindisoft.com. Di sana ada banyak soal latihan yang membuat pemahaman kamu akan materi UNBK semakin meningkat.

Dengan melakukan persiapan di atas, kamu akan lebih percaya diri dan siap menghadapi UNBK. Selamat mempersiapkan diri, ya!

 

Komentar