Trigonometri SMA : Aturan Sinus dan Cosinus

Trigonometri merupakan cabang dari ilmu matematika yang mempelajari tentang segitiga dan lingkaran. Di SMA, materi ini biasanya akan mulai diajarkan di kelas 11.  Yuk, cari tahu selengkapnya mengenai materi yang satu ini.

Sekilas tentang Materi Trigonometri SMA

Materi trigonometri SMA terbagi menjadi beberapa bagian. Dari mulai aturan sinus, aturan cosinus, luas segitiga, perbandingan segitiga siku-siku, fungsi trigonometri, hingga persamaan dan pertidaksamaan trigonometri. Namun, artikel kali ini akan menjelaskan secara singkat mengenai aturan sinus dan cosinus.

Aturan Sinus

Aturan sinus merupakan aturan yang menjelaskan hubungan antara perbandingan panjang sisi segitiga yang berhadapan dengan sudut terhadap sinus sudut pada segitiga.  Berdasarkan aturan ini, perbandingan panjang sisi dengan sinus sudut yang berhadapan dengan sisi segitiga memiliki nilai yang sama.

Sebagai gambaran, apabila terdapat segitiga sembarang ABC dengan a = panjang sisi a, b = panjang sisi b, c = panjang sisi c, A = besar sudut yang berhadapan dengan sisi A, B = besar sudut yang berhadapan dengan sisi B, dan C = besar sudut yang berhadapan dengan sisi C, maka pada segitiga tersebut berlaku aturan

Aturan Cosinus

Aturan cosinus adalah aturan yang menjelaskan tentang hubungan antara kuadrat panjang sisi segitiga dengan nilai cosinus dari salah satu sudut pada segitiga. Aturan ini dapat digunakan untuk menentukan unsur-unsur lain dari segitiga sembarang untuk kasus saat tiga sisi dari segitiga diketahui atau dua sisi dan sudut apitnya diketahui.

Pada segitiga sembarang ABC dengan  a = panjang sisi a, b = panjang sisi b, c = panjang sisi c, A = besar sudut yang berhadapan dengan sisi A, B = besar sudut yang berhadapan dengan sisi B, dan C = besar sudut yang berhadapan dengan sisi C, aturan cosinus yang berlaku dapat dituliskan sebagai berikut:

 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai aturan sinus dan cosinus. Apabila kamu ingin mempelajari materi trigonometri SMA dengan cara yang menyenangkan, akses saja materi pembelajaran digital dari Primaindisoft di sini

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?