Tips Sukses Mengerjakan Soal HOTS UNBK 2019

Yuk, raih nilai tinggi dengan menerapkan tips sukses mengerjakan soal HOTS UNBK 2019! Gabung Primaindisoft dan nikmati akses latihan ujian gratis!

 

Berbicara seputar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019, tentunya kita perlu paham dulu soal sistem HOTS. Apa itu?

Sebagaimana kita ketahui, Kemendikbud telah menetapkan bahwa UNBK 2019 masih akan menggunakan sistem Higher Order Thinking Skills (HOTS). Sistem HOTS dipilih karena dapat mengembangkan daya nalar siswa. Dengan sistem ini, siswa akan lebih mudah memahami dan menyerap informasi.

Meskipun sistem HOTS bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kita, fakta di lapangan menyatakan bahwa tak sedikit siswa yang mengeluh kesulitan dalam mengerjakan soal ujian.

Untuk meminimalisasi kesulitan selama UNBK berlangsung, kita memang harus melakukan persiapan matang sejak jauh hari. Terlebih, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengatakan bahwa di tahun 2019, soal ujian dengan konsep HOTS akan lebih sulit dibandingkan dengan tahun lalu.

Tips Sukses Mengerjakan Soal HOTS UNBK 2019

Namun jangan khawatir, karena ada sejumlah cara mudah untuk menaklukkan soal HOTS di UNBK 2019. Kira-kira apa saja cara yang bisa kita lakukan, ya?

  • Belajar Secara Mendalam

HOTS memiliki tingkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan LOTS. Soal dengan konsep HOTS membutuhkan kemampuan analisa, pemikiran kritis, pemecahan masalah, daya kreativitas, dan inovasi. Kita wajib memahami konsep materi pelajaran, bukan hanya menghafal. Dengan begitu, kita tidak akan kesulitan dalam mengerjakan soal UNBK 2019.

  • Mempelajari Kisi-kisi UNBK 2019

Tips sukses mengerjakan soal HOTS UNBK 2019 selanjutnya adalah dengan mempelajari kisi-kisi ujian. Dengan cara ini, proses belajar menjadi lebih efektif dan terarah lantaran sesuai dengan materi yang akan diujikan.

  • Kerjakan Soal Mudah Lebih Dulu

Pada UNBK 2019, jumlah soal HOTS berkisar antara 15 sampai 20 persen dari keseluruhan soal. Untuk menghemat waktu, kerjakan soal yang paling mudah lebih dulu. Nah, kita bisa menggunakan tanda centang untuk menandai soal mudah dan tanda silang untuk soal sulit.

Itulah sejumlah tips sukses mengerjakan soal HOTS UNBK 2019 yang bisa kita terapkan. Apakah kamu ingin mencobanya sendiri?

Komentar