Tips Memacu Semangat Anak SMA Menghadapi UN

Menghadapi UNBK SMA harus dilakukan dengan persiapan matang baik dari segi materi maupun dari segi kesiapan mental.

 

Jika saat ini kamu duduk di bangku kelas 12 SMA, itu artinya sebentar lagi kamu akan menghadapi Ujian Nasional Berbasir Komputer (UNBK). Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan agar bisa lulus dan berhasil mengerjakan semua soal UNBK dengan mantap. Apalagi saat ini beberapa perguruan tinggi negeri atau PTN mengintegrasikan hasil ujian untuk syarat ujian masuknya. Kalau ujian akhir SMA  berjalan dengan tidak maksimal, mencari perguruan tinggi akan cukup sulit.

Nah, agar semangat kamu bisa terus terpacu selama masa-masa persiapan UNBK berjalan, berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

1. Sering Mengerjakan Soal Tahun Sebelumnya

Cara pertama untuk terus memacu semangat belajar dan menghadapi ujian adalah dengan mengerjakan soal tahun sebelumnya. Dengan mengerjakan soal tahun sebelumnya, gambaran akan materi yang diujikan bisa terlihat dengan jelas.

Meski setiap tahun akan ada perubahan yang terjadi, setidaknya gambaran luasnya sudah dipahami. Dengan gambaran ini, kamu bisa belajar dengan lebih terarah dan tepat sasaran.

2. Melakukan Simulasi UN

Lakuan simulasi Ujian Nasional atau UN dengan memanfaatkan platform belajar interaktif seperti primaindisoft.com. Di sini anak SMA bisa melakukan simulasi ujian dengan memanfaatkan Aplikasi Latihan Ujian Nasional (ALUN) untuk TRYOUT UN SMA. Ada banyak soal yang diberikan untuk dikerjakan dengan tenggat tertentu.

3. Melakukan Layanan Konseling

Kesiapan memahami ujian mungkin sudah maksimal, tapi kamu masih merasa takut dan ragu untuk menghadapi UNBK. Bagaimana mengatasinya? Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan konseling ke guru BK atau saling membagi cerita ke teman dan memberikan dorongan semangat untuk kebaikan bersama.

4. Mempertimbangkan Jurusan Kuliah yang Akan Diambil

Kalau mau memasuki jurusan tertentu, nilau ujian harus maksimal. Gunakan ini sebagai penyemangat belajar setiap harinya. Jurusan kuliah akan menjadi penguatan tersendiri yang secara langsung memberikan mood yang baik selama belajar dan ketakutan yang dialami pun bisa hilang perlahan-lahan.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, semangat belajarmu akan semakin bertambah sampai akhirnya bisa menghadapi UNBK dengan kemampuan terbaik kamu. Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya!

 

Komentar