Metode Praktis Belajar Bahasa Asing tanpa Kursus

cara belajar bahasa asing tanpa kursus bisa Anda lakukan di rumah. Berikut beberapa cara praktis dan efektif untuk belajar sendiri.

 

Ingin belajar bahasa asing, tetapi tidak punya waktu les atau pergi ke luar negeri? Terapkan cara belajar bahasa asing tanpa kursus. Anda bisa menguasai percakapan dasar dalam waktu relatif singkat dengan menggunakan metode yang tepat. Berikut beberapa metode efisien untuk belajar bahasa asing di rumah.

 

1.     Fokus pada Hal Dasar (untuk Praktik)

Saat mulai belajar, fokus pada kata umum dan tata bahasa paling mendasar dulu. Gunakan pengetahuan dasar ini untuk membuat kalimat terkait hal-hal relevan di sekitar Anda. Misalnya, saat belajar Bahasa Inggris, berlatihlah mengucapkan “Saya… (mau makan, mau tidur, mau mandi, mau bekerja)”. Setelah itu, coba berlatih mengucapkan kebalikannya, seperti “Saya… (tidak mau makan, tidak mau tidur, tidak mau bekerja)”.

 

2.     Dengarkan Cara Orang Berbicara

Pernahkah Anda melihat orang yang bisa menyanyikan lagu berbahasa Korea tanpa mengerti artinya? Hal itu karena mendengarkan bahasa secara terus-menerus bisa membuatnya lebih melekat di ingatan. Coba kumpulkan video bahasa asing seperti video klip musik, cuplikan film atau serial TV, atau video edukasi (sebaiknya yang memiliki teks). Tonton berulang-ulang untuk melihat dan mendengar cara pengucapan bahasa tersebut.

 

3.     Bicara Sendiri

Saat Anda mulai menguasai tata bahasa dan kosakata dasar, cobalah berbicara sendiri. Tuangkan topik apa saja yang bisa Anda ingat, mulai dari omelan terhadap rekan kerja menyebalkan, hingga opini pribadi terhadap suatu problem. Saat “tersandung”, buka daftar kosakata atau kamus daring di ponsel untuk menemukan kata yang tepat.

 

4.     Gunakan Bahasa dengan Cara Menyenangkan

Cara terbaik menguasai bahasa adalah dengan menggunakannya secara menyenangkan. Cobalah mengarang cerita, membuat puisi, menggambar komik strip sederhana, atau bahkan sekadar membaca versi bahasa asing dari halaman Wikipedia yang paling menarik minat Anda (misalnya versi Spanyol atau Prancis dari halaman Wikipedia tentang penyanyi terkenal kesukaan Anda).

 

 

Akhirnya, Anda bisa menggunakan aplikasi sebagai alat pendukung kegiatan belajar. Primaindisoft, misalnya, menawarkan aplikasi untuk belajar bahasa asing (terutama Inggris) dengan mudah. Anda bisa menguasai cara belajar bahasa asing tanpa kursus selama menggunakan strategi yang tepat.

Komentar