Tips Menyiapkan Bekal Sekolah yang Disukai Anak

Menyiapkan bekal sekolah anak bisa jadi tantangan yang berat. Bunda harus memastikan bekal dimakan oleh anak. Bagaimana caranya?

 

Menyiapkan bekal sekolah untuk anak memang terlihat mudah. Namun, pada praktiknya hal ini bisa sangat memusingkan. Hal yang kerap terjadi adalah, bekal yang sudah terbungkus secara rapi di pagi hari, ternyata tak disentuh sama sekali oleh anak. Kalau kejadian seperti ini terjadi secara terus-menerus, tak menutup kemungkinan anak bakal menjadi target kemarahan.

Untuk menghindari hal tersebut, Bunda harus mengetahui cara menyiapkan bekal sekolah yang tepat. Dengan begitu, menu yang telah disiapkan bakal dihabiskan oleh si kecil. Ada 5 tips sederhana yang bisa Bunda lakukan, yakni:

1. Ketahui jenis makanan yang disukai anak

Pastikan Bunda mengetahui jenis makanan favorit anak. Untuk itu, tak ada salahnya kalau Bunda menanyakan terlebih dulu makanan yang ingin dibawa anak ke sekolah. Selain itu, hindari upaya memaksa anak untuk membawa bekal yang tak disukainya.

2. Kumpulkan referensi resep menu anak

Pengetahuan mengenai resep makanan anak bisa menjadi modal untuk bisa menyiapkan bekal sekolah anak dengan baik. Semakin banyak resep yang Bunda ketahui, semakin variatif menu bekal yang bisa dibuat.

3. Berikan pilihan beberapa makanan

Saat menyiapkan bekal sekolah, usahakan agar Bunda menyiapkan lebih dari satu menu. Sebagai contoh, Bunda bisa melengkapi menu nasi dengan tambahan kerupuk, cokelat, atau menu pendamping lain.

4. Hias tampilan makanan supaya menarik

Tips menyiapkan bekal sekolah selanjutnya adalah upayakan untuk menghias tampilan makanan sehingga terlihat menarik. Bunda bisa saja memilih untuk mendesain tampilan bekal dengan inspirasi tokoh superhero atau karakter favorit si kecil. Tampilan yang menarik, bisa mendorong nafsu makan anak, lho.

5. Perhatikan gizi bekal

Hal yang tak kalah pentingnya adalah pemenuhan gizi anak. Bunda harus memastikan bahwa makanan yang dibawa oleh anak ke sekolah memiliki gizi cukup untuk mendukung perkembangan tubuh mereka.

Hal yang sering terjadi, anak tidak suka dengan sayuran ataupun buah tertentu. Untuk mengatasi hal ini, Bunda bisa memotongnya dalam ukuran yang sangat kecil sehingga tidak terlihat oleh anak.

Itulah 5 tips yang bisa Bunda terapkan ketika ingin menyiapkan bekal sekolah untuk anak. Selanjutnya, mereka pun bisa belajar dengan baik di sekolah. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?