Strategi Mempersiapkan UAS untuk Anak Anda yang Malas Belajar

Tidak semua anak terlahir dengan ketertarikan besar terhadap belajar karena pada dasarnya mereka punya bakat masing-masing. Si kecil mungkin lebih suka bergerak aktif di luar saat pelajaran olahraga ketimbang menghafal. Tapi ini tentu akan jadi masalah saat dia harus mempersiapkan UAS dengan begitu banyak materi yang harus dipelajari.

Ketika anak malas belajar sementara ujian sudah di depan mata, sebagai orangtua Anda harus bersikap proaktif. Bagaimana cara memberikan dukungan dan semangat untuk anak dalam mempersiapkan UAS? Simak tipsnya berikut ini!

Sebutkan Harapan Anda dengan Jelas

Saat ujian, alih-alih hanya menyuruhnya belajar, berikan ekspektasi yang jelas pada si kecil. Misalnya, Anda ingin nilainya semester ini naik 2 poin daripada sebelumnya. Ingat, jangan meminta sesuatu yang terlalu berlebihan karena itu malah bisa membuatnya semakin down dan malas belajar.

Jangan Pelit Pujian

Ketika Anda melihat si kecil mulai memeriksa jadwal ujian, merapikan meja atau sekadar mencari buku soal matematikanya, percayalah ini adalah sebuah pertanda kalau dia mulai memikirkan ujian. Jangan ragu memberikan pujian untuk hal sekecil apapun yang dia lakukan. Ini akan membantu memicu semangatnya untuk lebih giat lagi.

Berikan Rewards

Di saat si kecil harus mempersiapkan UAS, Anda mungkin akan memintanya membatasi waktu untuk melakukan hobi seperti bermain sepeda atau puzzle. Jadikan ini sebagai rewards atau hadiah untuknya. Misalnya saja dengan memperbolehkan si kecil bermain selama satu jam jika dia sudah selesai membaca satu bab materi untuk ujian IPA-nya.

Berikan Materi Pembelajaran yang Menarik

Kebanyakan alasan anak malas belajar adalah karena gurunya menyampaikan materi dengan cara yang membosankan. Jika kasusnya seperti ini, tugas Anda sebagai orang tua untuk mencarikan materi yang menarik dan mudah dipahami anak. Belajar dengan menggunakan video, buku bergambar dan contoh-contoh yang dekat dengan kehidupan bisa Anda coba terapkan.

Di Primaindisoft, Anda bisa mendapatkan beragam konten interaktif untuk menemani anak belajar. Anda juga bisa menemukan latihan soal untuk membantunya mempersiapkan UAS melalui Kumpulan Latihan Soal.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?