Cara Sederhana Mengajari Anak Menulis dan Membaca dengan Gembira

 Mengajari anak untuk membaca dan menulis harus dilakukan dengan gembira untuk menumbuhkan minat dan rasa ingin tahu mereka.

 

Salah satu syarat untuk masuk ke SD terbaik di beberapa kota besar adalah bisa membaca dan menulis untuk hal-hal yang sifatnya dasar. Memang di TK aktivitas menulis dan membaca ini mungkin sudah diajarkan. Namun, tidak semua anak mampu menerimanya dengan baik, apalagi kalau guru mengajar banyak murid  sekaligus dalam satu kelas.

 

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika orang tua juga ikut mengambil peran mengajari anak menulis dan membaca di rumah. Namun, yang perlu diperhatikan saat mengajari anak adalah menciptakan suasana gembira saat mereka belajar. Mengapa harus dengan gembira? Karena anak dengan usia 5-6 tahun cenderung bosan kalau diajari dengan serius. Berikut beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan.

 

1. Melakukannya Tanpa Paksaan

Ajari anak untuk membaca dan menulis tanpa paksaan. Artinya bujukan yang benar sangat dianjurkan daripada menyuruh anak dengan nada tinggi. Kalau Anda sudah merasa tidak nyaman, mereka tidak akan mau diajari untuk melakukan apa pun termasuk membaca dan menulis yang penting.

 

2. Menggunakan Bahan Ajar yang Mengasyikkan

Gunakan bahan ajar yang menarik dan membuat Anda menjadi semangat untuk melakukannya. Misal menggunakan buku interaktif yang saat ini sudah ada di pasaran, media belajar di internet untuk TK A dan TK B, atau video yang menggabungkan nyanyian, warna, dan hal-hal yang membuat anak jadi tertarik untuk ikut ambil bagian.

 

3. Diberikan Penguatan Positif

Penguatan atau pemberian hadiah bisa dilakukan pada anak yang memang tidak minat belajar dan sering malas. Penguatan ini tidak selalu berhubungan dengan uang atau mainan yang mereka sukai. Anda juga bisa menawarkan sepatu atau tas yang mereka inginkan agar berguna saat kelak masuk SD.

4. Mengetahui Kesukaan dari Anak

Anak memiliki kesukaannya sendiri-sendiri. Ada yang menyukai binatang, kendaraan, atau tokoh kartun. Anda bisa memanfaatkan kesukaan itu untuk mengajari mereka membaca dan menulis. Misal membeli semacam komik berwarna yang membuat anak harus membaca agar tahu ceritanya.

 

Mengajari anak untuk membaca dan menulis dengan baik memang membutuhkan ketelatenan yang tinggi. Namun, begitu mereka mulai membaca dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, orang tua tinggal mengawasinya dari belakang. Selain itu orang tua juga bisa memberikan tambahan bahan ajar mengasyikkan dan interaktif di primaindisoft.com.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?