Tips Belajar Perkembangbiakan Makhluk Hidup yang Mudah Dipahami

Mengajarkan anak tentang perkembangbiakan makhluk hidup tidak mudah meski kita bisa menyiasatinya dengan media interaktif.

 

Belajar secara tekstual mungkin sudah biasa dilakukan oleh anak di sekolah. Namun, belajar dengan hanya membaca saja tentu bisa membuat mereka jadi bosan. Apalagi ada tipe anak yang susah memahami informasi dari membaca dan lebih paham dengan melihat video atau ilustrasi yang interaktif.

 

 

Kalau Anda memiliki anak yang masih kelas 3 SD dan kebingungan dalam memahami materi perkembangbiakan makhluk hidup, berikut tips belajar yang bisa dilakukan agar mudah paham.

1. Mengajak Anak ke Kebun Binatang atau Botani

Cara termudah yang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak tentang perkembangbiakan adalah membawa mereka ke kebun binatang atau peternakan. Kenalkan mereka dengan berbagai jenis hewan yang ada di sana dan memberi tahu perkembangbiakannya. Jelaskan dengan cara yang lebih sederhana dan mudah dipahami.

Anak juga bisa diajak ke kebun botani atau kebun raya yang ada banyak tumbuhannya. Di sana biasanya ada tempat untuk belajar untuk perkembangbiakan baik secara alami atau buatan. Anak bisa lebih paham kalau melihat tumbuhan yang lebih nyata.

2. Menggunakan Media Belajar yang Menyenangkan

Media belajar sangat penting untuk meningkatkan pemahaman dari anak. Dengan media belajar yang interaktif dan menggabungkan komponen audio dan visual, konsentrasi akan lebih terbantu dan pahamnya lebih cepat serta bertahan lebih lama.

Anda bisa menggunakan media pembelajaran dari Primaindisoft. Dengan pembelajaran ini anak bisa memilih sendiri materi mana yang akan dilihat dan diulang sesuai dengan kebutuhan. Dengan pembelajaran yang menarik anak bisa membuat peta pikiran atau mind map sesuai dengan pemahamannya di otak. Kelak saat ujian, mereka bisa mengingatnya dengan.

3. Melakukan Percobaan Kecil

Lakukan percobaan kecil seperti menyilangkan tanaman atau penyerbukan. Selanjutnya Anda juga bisa menggunakan metode stek dan sejenisnya. Terakhir, anak juga bisa mengamati ayam mengerami dan menghitung sendiri berapa lama waktu menetasnya.

Inilah beberapa ulasan tentang tips belajar perkembangbiakan makhluk hidup yang mudah dipahami. Dengan melakukan beberapa cara di atas, anak-anak tidak akan kebingungan lagi dan bisa memahami materi IPA dengan lebih sempurna. Terapkan hal yang sama untuk materi dengan memanfaatkan Primaindisoft.com.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?