Sambut Hari Pertama Tahun Ajaran Baru, Ini 4 Tips Kembali ke Sekolah

Menyambut hari pertama tahun ajaran baru, coba lakukan 4 tips kembali ke sekolah berikut ini.

 

Anda sedang menyiapkan anak untuk kembali ke sekolah? Bulan Juli memang jadi bulan sibuk bagi para orang tua karena saat ini adalah awal tahun ajaran baru. Menjelang hari pertama kegiatan belajar mengajar, banyak hal yang perlu Anda lakukan agar anak dan Anda lebih siap menghadapi hari pertama sekolah.

Tidak hanya berkaitan dengan urusan administrasi sekolah semata, seperti pelunasan biaya masuk sekolah atau daftar ulang. Namun, persiapan ini juga terkait kesiapan mental anak, perlengkapan sekolah, dan semua hal yang mendukung kelancaran sekolah si kecil nantinya. Yuk, simak bersama 4 tips kembali ke sekolah berikut ini.

Membiasakan anak kembali ke jadwal hari sekolah

Waktu libur yang terlalu lama kerap membuat rutinitas harian berubah. Menjelang hari pertama sekolah, Anda harus mulai membiasakan anak kembali ke jadwal harian seperti biasa. Membiasakan anak untuk tidur tepat waktu (misal pukul 9 malam) akan membuatnya mudah bangun lebih pagi. Lakukan ini seminggu sebelum masuk sekolah agar ia kembali terbiasa.

Menyiapkan perlengkapan sekolah

Anda bisa mengajak anak menyiapkan perlengkapan sekolah untuk di kelas barunya nanti. Mulai dari membereskan buku-buku lama, mengecek seragam sekolah, sampai membeli perlengkapan sekolah baru. Tentu ia akan bersemangat melihat tas, seragam, buku, dan alat tulis baru. Beri anak kesempatan memilih sendiri warna dan tema perlengkapan yang diinginkan agar ia lebih semangat berangkat sekolah.

Sounding tentang hari pertama sekolah

Pada rentang waktu seminggu menjelang masuk sekolah, Anda bisa mulai sounding mengenai hari pertamanya nanti. Mulai dari mengingatkan sekolah tinggal 7 hari lagi, sudah ada pembagian kelas baru, teman-temannya sudah kembali berlibur, hingga menanyakan anak bekal apa yang ingin ia bawa. Suasana demikian bisa menambah motivasi anak, sehingga ia tidak sabar segera kembali ke sekolah.

Menyegarkan ingatan lewat media belajar interaktif

Media belajar interaktif yang ada di Primaindisoft bisa jadi pilihan untuk membantu anak menyegarkan ingatan tentang materi pelajaran. Cara penyajian yang fun membuat anak tertarik mencari dan belajar lebih banyak materi baru yang akan ia dapatkan di sekolah nanti. Anak tahu bahwa belajar itu asyik lewat cara pembelajaran yang menyenangkan seperti media belajar digital.

 

Itulah 4 tips kembali ke sekolah yang bisa Anda lakukan bersama anak di rumah. Semoga tips ini dapat memompa semangat si kecil menyambut hari pertama sekolah di tahun ajaran baru nanti!

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?