Pembelajaran Interaktif Mengenal Hewan dan Suaranya

Mengenalkan berbagai jenis hewan bisa dilakukan dengan pergi ke kebun binatang, melakukan permainan, dan melihat video.

 

Secara alamiah, anak memang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Apalagi berkaitan dengan hal-hal yang tidak pernah mereka ketahui sebelumnya. Namun, ada kalanya anak ketakutan terhadap sesuatu khususnya hewan padahal hewan itu lucu atau tidak akan menyakitinya.

 

Nah, kalau Anda memiliki anak yang takut hewan atau tidak tahu nama dari hewan tersebut, berikut beberapa cara belajar untuk mengenalkannya.

 

1. Menggunakan Video

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengenalkan anak pada hewan adalah dengan menggunakan video. Anda bisa menggunakan video hewan-hewan yang ada di Youtube atau di DVD yang dimiliki. Kenalkan pada anak jenis hewan dan minta mereka mengamatinya mulai dari bentuk hingga suaranya.

Tanyakan pada anak, hewan mana saja yang mereka sukai dan tidak. Lalu tanyakan mana saja hewan yang ada di sekitarnya dan tempat mereka hidup. Misal di daratan atau berada di dalam air.

2. Menggunakan Puzzle

Setelah beberapa kali melihat aneka hewan yang tidak ada di sekitarnya, Anda bisa mengajak anak bermain puzzle. Minta mereka menyusunnya untuk membuat gambar hewan dengan sempurna. Setelah selesai, minta mereka mengatakan nama hewan tersebut.

3. Melakukan Permainan Bunyi

Lakukan permainan bunyi. Setelah puzzle selesai atau Anda menunjukkan gambar dari hewan, minta anak untuk menirukan suaranya. Kalau mereka agak kesulitan dalam menirukan aneka suara dari binatang, Anda bisa menirukan suaranya dan minta anak-anak untuk menebaknya.

4. Pergi ke Kebun Binatang

Melihat hewan di video atau melakukan permainan kadang kurang lengkap kalau tidak pergi ke kebun binatang. Dengan melihat langsung ke kebun binatang, Anda bisa melihat secara langsung bagaimana hewan bergerak, mengenal warnanya, ukurannya, dan juga suara yang dikeluarkannya. Minta anak menyebutkan berbagai nama dari hewan itu agar pemahamannya lebih baik.

Inilah beberapa cara mengajarkan anak tentang hewan yang ada di sekitarnya dan juga hewan lain yang ada di seluruh dunia. Dengan mengajarkan hal di atas anak akan tahu jenis, bentuk, dan juga suaranya dengan sempurna.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?