Tips Belajar Asyik untuk Mendorong Perkembangan Anak TK

Ayah Bunda, sebagai orang tua, pasti Anda ingin supaya si kecil dapat mengikuti aktivitas belajar dengan baik di sekolah bersama teman-temannya. Nah, ada beberapa aktivitas di rumah yang Anda dapat lakukan bersama si kecil untuk membantu ia belajar dengan cara yang mengasyikkan.

1. Bermain

Melakukan permainan adalah salah satu cara untuk membantu perkembangan sosial dan emosional si kecil. Ajak ia bermain atau menyelesaikan game dengan level setingkat lebih sulit dari yang sudah ia kuasai. Jika si kecil tidak dapat menyelesaikannya, tunjukkan kepada si kecil untuk bersikap tenang dan meminta bantuan. Memainkan permainan yang bergiliran seperti permainan kartu dapat mengajarkannya untuk bersikap tertib dan mengikuti peraturan. Anda juga dapat menggunakan gadget untuk menunjukkan berbagai aktivitas menarik untuk anak TK-A dan TK-B.

2. Bercerita

Supaya si kecil semakin paham dan aktif menggunakan kata-kata, cara yang paling baik adalah dengan membacakan cerita atau mendongeng. Bacakan cerita paling tidak 20 menit setiap hari. Sambil bercerita, tunjukkan gambar atau visualisasi dari cerita tersebut untuk mendorong imaginasi si kecil. Gunakan bacaan interaktif yang dilengkapi dengan gambar menarik seperti Kepemimpinan Si Raja Hutan yang mengajarkan tentang tolong-menolong, Ikan Paus Tersedak Plastik yang mengajarkan tentang sikap peduli lingkungan, atau Merawat Kucing yang mengajarkan si kecil untuk menyayangi hewan. Usai bercerita, minta si kecil menceritakan kembali tentang apa yang terjadi di awal, pertengahan, dan akhir cerita.

3. Membantu Pekerjaan Rumah

Mengajak si kecil melakukan pekerjaan rumah seperti membereskan rumah dan memasak dapat membantu perkembangan kognitifnya. Kenalkan ia dengan berbagai bentuk dan warna saat Berbelanja. Atau, Anda dapat mengajaknya Merapikan Kamar agar lingkungannya selalu bersih, sehat, dan rapi.

 

4. Membuat Prakarya

Membuat prakarya adalah cara yang asyik untuk membantu si kecil belajar mengenal warna, bentuk, dan tekstur. Anda dapat mengajaknya berkreasi di dapur dengan Membuat Minuman Jelly atau Berkreasi dengan Cat Air untuk membuat lukisan menarik untuk dipajang di rumah. Bagi si kecil yang suka bermain dengan clay atau play-doh, ajak ia membuat Miniatur Permainan Tradisional untuk memperindah ruang tamu Anda.

Semoga berbagai aktivitas di atas dapat membantu si kecil untuk semakin tumbuh dan berkembang!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?